Ikan Koi dalam Kolam Berkumpul pada Satu Bagian Kolam

Beberapa waktu yang lalu teman saya sempat bercerita bahwa ikan koi yang dia miliki, menjadi agak aneh sikapnya. Dia mengatakan bahwa, ikan-ikan koi yang ada di dalam kolam tersebut, tidak bergerak seperti biasanya, karena biasanya ikan tersebut bergerak sangat lincah kesana-kemari.

Dia mengatakan bahwa ikan-ikan tersebut hanya berkumpul di satu tempat saja, dan mereka semua bergerombol di sana, dan jarang sekali bergerak. Karena hal ini baru pertama kali mengalami hal seperti ini, maka teman saya menjadi sedikit takut akan apa yang terjadi. Karena itu dia mencoba untuk curhat kepada teman lain yang lebih berpengalaman.

Hampir semua teman-teman penghobi ikan koi mengatakan bahwa jika ikan koi yang berkumpul pada satu titik di kolam dan tidak mau bergerak secara normal, maka kemungkinan besar hal ini akibat dari kandungan oksigen di dalam kolam yang sangat sedikit, atau oksigen yang tersedia tidak mencukupi kebutuhan ikan.

Untuk penyebab penurunan kandungan oksigen ini bisa berbagai macam, hanya saja teman saya mengatakan bahwa kemungkinan yang paling utama adalah karena kandungan amoniak dari dalam kolam yang cukup tinggi. Biasanya amoniak ini terbentuk dari sisa kotoran dan sisa pakan dari ikan itu sendiri, jadi jika sisa-sisa tersebut tidak dapat dibersihkan oleh filter, sehingga dapat membuat kandungan amoniak di dalam kolam meningkat.

Lalu teman lain menanyakan apakah air hujan juga dialirkan ke dalam kolam ikan koi? Karena ternyata hal ini juga bisa berakibat fatal kepada ikan koi, karena selain dapat mengurangi kandungan oksigen di dalam kolam secara drastis jika sampai tercampur dengan amonia yang terdapat di dalam kolam.

Selain itu ternyata air hujan yang langsung dialirkan ke dalam kolam, juga dapat membuat ikan menjadi stress dan bahkan bisa membuat ikan menjadi mati, terutama karena kandungan air hujan saat ini yang lebih banyak bersifat asam, dan dapat menurunkan suhu air di dalam kolam secara drastis.

Cara yang paling banyak diusulkan oleh teman-teman dalam mengatasi permasalah ini yaitu dengan menambah pasokan oksigen yang ada di dalam kolam, dan biasanya setelah pasokan oksigen tersebut meningkat, maka ikan akan bergerak kembali seperti biasa.

Cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan pasokan oksigen di dalam kolam, yaitu dengan mengalirkan pompa dengan kekuatan yang lebih besar dari sebelumnya. Selain itu untuk mengurangi kandungan amonia di dalam kolam, maka kita juga harus melihat apakah kondisi filter kolam masih berjalan dengan sempurna, atau sudah memerlukan pembersihan atau perbaikan, karena hal itu juga dapat meningkatkan kandungan oksigen.

Tetapi beberapa orang teman mengatakan bahwa hal seperti ini jarang berakibat fatal jika secepat mungkin ditangani, dan memang banyak juga teman lain yang sering mengalami hal seperti ini. Tetapi jika kita cuek dan membiarkannya begitu saja, maka bisa jadi ikan akan mengalami stress dan kematian.

Tinggalkan Balasan