Bumbu Dapur untuk Menjaga Kesehatan Ikan Koi

Sekarang ini hampir di seluruh pulau Jawa, sudah memasuki puncak musim kemarau, bahkan di beberapa tempat sudah hampir dua bulan tidak turun hujan sama sekali. Masalah serius yang dihadapi saat memasuki musim kemarau seperti ini adalah suhu udara sangat dingin, bahkan sering kali saat siang haripun suhu udara juga tidak kunjung naik.

Dan seperti kita tahu bahwa dalam memelihara ikan koi (sebenarnya hampir semua ikan) suhu air di dalam kolam tidak boleh sampai mengalami penurunan yang terlalu tinggi. Hal ini karena suhu air yang tidak bisa menjadi hangat, pastinya akan berdampak pada kesehatan ikan. Bahkan untuk kondisi yang paling ekstrem bisa mengakibatkan kematian ikan.

Beberapa orang teman sudah melaporkan bahwa ikan koi yang mereka pelihara mengalami kematian karena kondisi udara yang sangat dingin ini. Mungkin jika ditotal, maka nilai kerugiannya cukup banyak.

Sebagian teman saya yang lain, mensiasati kondisi udara dan air kolam yang cukup dingin ini dengan menggunakan alat pemanas air, yang yang lebih kita kenal dengan heather. Tetapi pastinya dengan menggunakan alat ini, maka biaya listrik di rumah akan membengkak, apalagi jika sampai ukuran dari kolam ikan kita cukup besar, pastinya listrik yang dipakai juga akan semakin besar.

Lalu beberapa orang teman lain mengatakan, jika mereka menggunakan bawang putih sebagai bahan yang dapat digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh ikan koi terutama pada saat suhu udara dan suhu air sedang tidak bersahabat seperti sekarang ini (terlalu banyak berada dalam kondisi dingin).

Ada beberapa cara yang biasa digunakan oleh teman saya ini, dalam memberikan bawang putih terhadap ikan koi miliknya. Cara pertama yaitu teman saya ini biasa menumbuk satu siung bawang putih, lalu bawang putih tumbuk tersebut dicampurkan pada pakan ikan koi, dan kemudian pakan tersebut diberikan kepada ikan. Biasanya teman saya melakukan ini seminggu sekali, tetapi jika kondisi sedang buruk, maka seminggu bisa dua kali, tergantung keadaan.

Lalu cara kedua adalah dengan menggeprek (memukul sampai hancur) bawang putih, dan setelah itu bawang akan dimasukkan begitu saja ke dalam kolam budidaya ikan koi. Untuk jumlah bawang putihnya sendiri tergantung pada luasan kolam, jadi untuk kolam yang besar, maka jumlah bawang putih yang harus disiapkan juga lebih banyak.

Lalu cara ketiga dalam memberikan bawang putih kepada ikan koi, yaitu dengan cara menggeprek bawang putih lalu bawang dimasukkan ke chamber (ruang) terakhir yang ada pada filter kolam. Jika, cara ini menurut teman saya biasa dilakukan sebulan sekali, dan setelah sebulan, maka bawang yang lama kita bersihkan lalu akan diganti dengan bawang yang baru.

Sebenarnya pada kondisi yang normal sekalipun ternyata teman saya masih menggunakan cara yang ketiga ini di kolam koi miliknya. Menurut teman saya cara ketiga ini bisa menjaga kondisi kesehatan ikan.

Sebenarnya untuk cara yang pertama bisanya digunakan agar menjaga kondisi ikan dari dalam tubuhnya, jadi lebih kepada meningkatkan sistem kekebalan tubuh ikan. Tetapi untuk cara yang kedua dan ketiga, digunakan untuk menjaga kondisi bagian luar tubuh ikan, misalnya kesehatan insang, kulit, sirip, dan ekor ikan koi.

Tetapi jika memang kondisi sedang buruk sekali, maka tidak jarang teman saya menggunakan ketiga cara ini untuk menjaga kondisi ikan. Jadi, pengunaannya memang tergantung dari kondisinya.

Tinggalkan Balasan