Dampak Kelesuan Ekonomi terhadap Pelaku Budidaya Ikan Lele

Mungkin anda juga sudah melihat banyak pemberitaan tentang kelesuan ekonomi yang saat ini terjadi di Indonesia. Saat ini ada banyak perusahaan yang sedang mengalami krisis, bahkan mulai pailit, dan bangkrut yang akhirnya juga berdampak pada pemutusan hubungan kerja (PHK). Mungkin anda juga sudah mulai merasakannya dalam kehidupan sehari-hari.

Ternyata kelesuan ekonomi ini, juga mulai dirasakan oleh banyak orang yang menggantungkan hidupnya usaha bidang budidaya lele. Orang yang terkena dampak dari kelesuan ekonomi ini misalnya saja para peternak pembesaran ikan lele, bahkan semenjak awal tahun ini sudah banyak peternak pembesaran ikan lele di daerah sekitar tempat tinggal saya yang harus gulung tikar.

Permasalahan utama yang dihadapi oleh para peternak adalah faktor penurunan harga beli dari tengkulak, yang sudah tidak bisa lagi menutupi biaya produksi. Permasalah ini diperparah lagi dengan harga pelet lele yang semakin mahal, dan terus mengalami peningkatan secara konstan dari waktu ke waktu. Yang semakin memperberat para peternak lele.

Jika para tengkulak, mereka mengatakan bahwa daya beli masyarakat mulai menurun terhadap produk hasil panen ikan lele. Sehingga mereka pun juga mengalami kesulitan dalam memasarkan ikan lele yang sudah mereka tampung. Bahkan mereka juga harus menurunkan harga jual lele agar bisa laku di pasaran, tetapi meskipun demikian tampaknya cara ini tidak terlalu banyak membantu.

Bahkan karena beberapa orang tengkulak terlalu lama menimbun lele, dan sulit untuk mengeluarkannya, maka mereka akhirnya juga mengalami kerugian, yang akhirnya banyak dari tengkulak tersebut yang harus gulung tikar juga. Jika soal tengkulak, mungkin tidak hanya terjadi di daerah sekitar tempat tinggal saya, tetapi sudah mulai menyeluruh ke banyak tempat.

Hal ini berdasarkan data yang masuk pada website ini, banyak juga tengkulak dari daerah lain yang telah mencabut informasi dirinya, dan mengaku sudah tidak menjadi tengkulak lagi.

Mungkin yang belum saya konfirmasi adalah para pedagang pakan ikan, apakah mereka juga terimbas akan fenomena ini, karena jika peternak pembesaran ikan lele banyak yang gulung tikar, maka pastinya penjualan pakan ikan mereka pastinya juga akan berkurang.

Tinggalkan Balasan