Harga Pakan untuk Ikan Koi

Dalam budidaya ikan koi, pakan adalah salah satu point yang harus diperhatikan. Karena kesehatan ikan, kecerahan warna, dan perkembangannya tergantung dari pemberian pakan ini. Ada beberapa teman yang menyarankan dalam memilih pakan untuk ikan koi sebaiknya, perlu dicari pakan yang tidak membuat keruh.

Karena jika pakan koi yang kita berikan membuat air menjadi keruh, maka ini akan cukup membebani pemilik, baik itu untuk filter, maupun juga untuk mengurasnya, dan membersihkannya. Selain itu, kita juga perlu mencari pakan yang memiliki nilai gizi yang cukup, agar ikan warnanya tetap bagus, tetapi pertumbuhannya juga dapat berjalan dengan baik.

Sebetulnya untuk membeli pakan ikan koi, bisa dilakukan pada toko milik agen penjual pakan burung yang ada di dekat rumah kita, tetapi biasanya hanya toko yang cukup besar saja yang menjual pakan ikan koi. Seperti toko grosiran.

Untuk harga pakan koi merk Taisho di beberapa daerah misalnya di Muntilan dan Subang harganya bisa mencapai Rp 20 rb / Kg. Tetapi ada teman di Bekasi yang mengatakan bahwa di sana harga pakan merk ini Rp 13 rb / Kg, tetapi jika membeli secara karungan, maka harganya menjadi Rp 105 rb – Rp 110 rb / 10 Kg.

Untuk pakan ikan koi merk CP PK 5 harganya Rp 105 rb / Karung (10 Kg), tetapi harga ecerannya ada teman yang mengatakan bahwa dijual sampai dengan harga Rp 15 rb / Kg.

Selain itu ada teman juga yang mengatakan bahwa dia menggunakan merk Brother Pro (BP), untuk merk ini teman saya mengatakan bahwa akan membuat air kolam menjadi cepat menjadi keruh, karena itu memerlukan arus filter yang lebih cepat.

Tetapi ada teman lain yang menyarankan untuk menggunakan pakan merk Ikushu, maka kolam tetap jernih dan menurut mereka bahwa kandungan gizi di dalam ikushu juga cukup seimbang, dan untuk beberapa jenis ikan koi, bisa membuatnya cepat untuk tumbuh besar. Meskipun sebenarnya tidak terlalu sempurna juga, karena ada teman lain yang mengatakan ikushu memiliki kandungan minyak yang cukup banyak.

Memang sebenarnya penggunaan pakan untuk ikan koi, terkadang juga harus disesuaikan dengan kesukaan dan kepribadian pemiliknya, karena memang hal ini cukup berpengaruh.

 

Harga Pakan

NoKeteranganHarga PerkarungHarga Eceran
1TaishoRp 105 rb – Rp 110 rb / 10 KgRp 13 rb – 20 rb / Kg
2CP PK 5Rp 105 rb / 10 KgRp 15 rb / Kg

 

Tinggalkan Balasan