Menggunakan Kolam Semen yang Masih Baru untuk Budidaya Ikan Koi

Mungkin anda pernah mengalami kondisi dimana ikan koi yang sedang anda pelihara, terus-menerus berdiam diri di dasar kolam dan bahkan ikan-ikan tersebut hampir tidak bergerak dari sana, dan kejadian seperti ini bisa berlangsung sampai waktu yang cukup lama.

Baru-baru ini salah seorang teman saya mengalami hal seperti itu, dan memang ikan koinya hampir-hampir selalu berada di dasar kolam dan jarang sekali bergerak dari sana.

Lalu saat dia bercerita ke teman-teman yang lain, maka hampir semuanya sepakat bahwa ikan koi tersebut seperti mengalami stress, hal ini terjadi karena masalah airnya, lalu semuanya mencoba bertanya apakah kolam yang dia gunakan tersebut adalah kolam baru? Dan teman saya ini memang mengiyakannya.

Jadi, menurut teman yang lain bahwa kolam yang baru, memang jangan langsung diisi air dan langsung ditebar ikan. Karena menurut pengalaman dari banyak teman, hal seperti ini pernah membuat mereka merugi besar, karena jumlah ikan koi mereka yang mati jumlahnya tidak sedikit.

Ternyata untuk semua kolam yang baru saja di bangun, masih terdapat sisa semen dan bahan kimia lain. Dan pastinya lapisan kolam tersebut harus dibersihkan terlebih dahulu sebelum digunakan. Dan jika tidak dibersihkan, maka sisa semen dan bahan bangunan tersebut bisa meracuni ikan.

Karena itu saran dari teman-teman, sebaiknya kolam yang masih baru tersebut harus dibersihkan terlebih dahulu. Caranya kita isi kolam sebatas level air yang nantinya akan kita gunakan, tujuannya agar kandungan bahan kimia dan sisa bahan bangunan akan luruh bersama air kolam.

Lalu setelah beberapa hari, maka kolam akan kita kuras bersih, dan pada saat dikuras tersebut, kolam sambil dilap atau dibersihkan dengan menggunakan kain atau kuas yang lembut, tujuannya agar kolam bisa lekas bersih. Setelah itu kolam tinggal dibilas dengan air bersih, dan jika ingin diisi lagi dengan air lalu dibuang lagi, maka itu lebih baik.

Tetapi beberapa teman mengatakan, bahwa sebenarnya kolam sudah berada dalam kondisi bersih dan sudah cukup dibersihkan dengan di lap saja. Baru setelah itu, kolam siap untuk diisi dengan air bersih, lalu setelah itu ikan baru boleh dimasukkan ke dalam kolam.

Tetapi untuk memelihara ikan koi, maka sebaiknya sebelum melepaskan ikan koi ke dalam kolam, kita juga harus mempersiapkan aerator dan juga sistem penyaringan air kolam dengan baik. Karena pastinya hal itu akan sangat dibutuhkan oleh ikan.

Tinggalkan Balasan