Kolam Ikan Koi banyak Lumut dan Berwarna Hijau

Sebagian peternak ikan koi ingin agar kolam miliknya dapat memiliki lumut alami, hal ini karena lumut tersebut diharapkan agar bisa menghasilkan oksigen tambahan untuk ikan. Tetapi yang menjadi masalah di sini yaitu dengan hadirnya lumut maka warna air kolam akan ikut berubah juga menjadi kehijau-hijauan. Dan sering kali perubahan air kolam yang menjadi hijau seperti ini, terkadang tidak disukai para penghobi.

Jadi, dengan kata lain para penghobi ingin agar meskipun ada lumut di dalam kolam, tetapi masih berharap agar air kolam kondisinya tetap jernih.

Teman lain mengatakan bahwa biasanya air kolam berubah warna menjadi hijau, disebabkan oleh suhu air cukup hangat, biasanya karena penyinaran sinar matahari cukup intens. Selain itu biasanya pergerakan air yang ada di dalam kolam tersebut cukup lambat.

Teman lain mengatakan bahwa, jika penyebab air kolam menjadi hijau seperti yang sudah diungkapkan di atas,  maka solusi untuk mengatasi hal ini ada beberapa cara yang dapat dilakukan, misalnya saja dengan menambah ketinggian level air di dalam kolam, maka dengan ketinggian air kolam yang lebih diharapkan agar waktu matahari untuk menghangatkan air bisa lebih lama, sehingga suhu air tidak akan terlalu meningkat.

Selain menambah ketinggian level air, dia juga menyarankan agar menambah kecepatan pompa air, sehingga sirkulasi air di dalam kolam semakin cepat. Dengan sirkulasi air yang semakin cepat, maka warna hijau di dalam kolam akan segera tersaring di filter.

Biasanya jika permasalah yang terjadi karena jumlah penyinaran sinar matahari yang cukup banyak, maka sebenarnya kita bisa mengurangi jumlah sinar matahari yang menyinari kolam tersebut, misalnya saja kita bisa memasang jaring paranet di atas kolam.

Tetapi teman penghobi lain, mengatakan bahwa untuk mengatasi permasalah ini, maka kita tinggal pasang lampu UV (ultraviolet) saja, dan dia mengingatkan bahwa yang dipasang tersebut bukan lampu warna-warni untuk menghias aquarium, tetapi lampu khusus UV. Mereka mengatakan bahwa dengan menggunakan cara ini maka air kolam bisa menjadi jernih.

Tinggalkan Balasan