Efek Penggunaan Kalium Permanganat (PK) Terlalu Banyak

PK singkatan dari kalium permanganat, adalah obat yang sering digunakan oleh para penghobi ikan koi dalam membersihkan ikan dari bibit penyakit. Obat ini sering juga digunakan para penghobi koi untuk membersihkan ikan pada saat dikarantina sebelum dimasukkan ke dalam kolam pemeliharaan yang sesungguhnya.

Ada cerita yang cukup menarik dari seorang teman saya, karena saat dia merendam ikan koi yang baru saya dia beli, ternyata bukannya malah bersih dan sehat, ikan koi tersebut akhirnya mati. Memang sebelum kematian ikan koi tersebut, ikan nampak seperti mabuk dan ikan tersebut kemudian tidak sadarkan diri, lalu akhirnya ikan tersebut mati.

Sebetulnya teman saya ini sudah memiliki pengalaman yang cukup lama dalam menggunakan PK, terutama sebagai obat untuk mengkarantina ikan koi sebelum dilepaskan ke kolam pemeliharaan. Tetapi pada ikan yang baru ini kondisinya cukup berbeda hasilnya, dari pada yang sebelum-sebelumnya.

Lalu ada teman lain yang mengatakan bahwa dia menggunakan PK hanya dengan mengusap-usapnya pelan saja dan tidak sampai bermenit-menit. Dan teman yang lain tersebut mengatakan bahwa cara ini sudah cukup efektif untuk membersihkan ikan koi dari bibit penyakit.

Tetapi ada teman lain yang mengatakan bahwa kematian ikan koi tersebut, ada kemungkinan bisa terjadi karena memang kondisi ikan yang baru saja dibeli tersebut, sedang menurun atau sedang dalam keadaan sakit, sehingga saat ikan direndam dalam larutan PK, ikan tersebut akhirnya tidak kuat dan mati.

Atau memang teman saya ini dalam memberikan larutan PK kepada ikannya terlalu pekat, sehingga ikan yang sehatpun bisa menjadi sakit. Apalagi jika memang kondisi ikan koinya sedang sakit dan teman saya memberikan larutan PK dalam dosis yang pekat, sehingga membuat ikan menjadi mati.

Karena itu teman saya mengatakan bahwa jika bisa dalam memberikan larutan PK sebaiknya ikan koi tidak perlu direndam, apalagi sampai direndam dalam waktu yang lama, tetapi hanya diusap-usapkan saja air larutan tersebut. Dan untuk gejala penyakit ringan sebaiknya tidak usah langsung menggunakan larutan PK, tetapi bisa menggunakan larutan air garam saja.

Meskipun ada juga yang mengatakan bahwa sebenarnya larutan PK sangat ampuh sekali untuk mengobati ikan yang terkena jamur aeropas, tetapi memang dalam penggunaannya sebaiknya ikan tidak direndam, tetapi hanya perlu diusap-usap saja dengan larutan PK tersebut.

Tinggalkan Balasan