Akibat Memasukkan Ikan Koi Baru tanpa Proses Karantina

Ada sebuah cerita dari seorang teman yang hobi memelihara ikan koi. Pertama dia sudah cukup lama dalam memelihara ikan koi sebelumnya, lalu setelah itu, karena dia ingin menambah koleksi ikannya, kemudian ia membeli ikan koi yang baru. Dan ternyata setelah beberapa hari, ada peristiwa yang mengejutkannya, yaitu ikan koi yang baru dan juga ikan koi yang lama, mengalami kematian secara beruntun, dan akhirnya semua ikan koi yang dia miliki mati semua.
Dan setelah sharing dengan beberapa orang teman yang lain, mereka menanyakan apakah koi yang baru saja dibeli tersebut sebelum dimasukkan ke dalam kolam pemeliharaan, apakah sudah dikarantina terlebih dahulu atau belum? Dan ternyata setelah dikonfirmasi, memang ikan koi tersebut langsung saja di masukkan ke dalam kolam, tanpa melalui proses karantina terlebih dahulu.
Mungkin jika anda memelihara ikan jenis lain, anda tidak memerlukan proses karantina. Tetapi dalam memelihara ikan koi, ternyata proses karantina sangat diperlukan, bahkan mungkin adalah hal yang mutlak dilakukan.
Biasanya ikan koi yang sudah lama dipelihara, maka ikan akan memiliki adaptasi yang cukup bagus terhadap kondisi kolam, baik itu airnya, suhu, tingkat penyinaran matahari, dan ini juga termasuk perlakuan pemilik terhadap ikan (waktu pemberian pakan dan pakan yang digunakan). Sehingga daya tahan tubuh ikan koi yang lama, sudah sangat baik, boleh dibilang dalam kondisi prima.
Tetapi untuk ikan yang baru, mereka mungkin kelelahan dalam proses pengangkutan, belum lagi stress karena terus berhimpit-himpitan dengan banyak ikan lain dalam satu wadah sempit, sehingga boleh dibilang ikan koi yang baru ini kondisinya sedang lemah dan tidak stabil.
Belum lagi kita tidak tahu apakah ikan koi yang baru tersebut, sudah bersih ataukah masih membawa bibit penyakit dari tempat yang lama, atau bisa jadi mereka terkena bibit penyakit ketika dalam proses pengangkutan. Karena ketidak tahuan kita tersebut, maka proses karantina diperlukan, bahkan itu untuk ikan yang terlihat sehat.
Mungkin jika anda sudah terlanjur mencampur antara ikan koi yang baru dengan yang lama dalam satu kolam, maka langkah antisipasi yang bisa dilakukan yaitu dengan memisahkan antara ikan yang baru tersebut dan memindahkannya ke kolam karantina, lalu sebaiknya kuras habis air yang ada di dalam kolam, sebelum memasukkan ikan koi yang lama ke dalam kolam kembali. Cara ini adalah cara antisipatif saja, tetapi setidaknya kita harus melakukan juga proses karantina.
Ternyata kematian masal yang diakibatkan oleh tindakan kita yang langsung memasukkan ikan koi baru pada kolam yang sudah berisi ikan koi lama, juga terjadi pada banyak penghobi koi yang lain. Dan mereka mengatakan bahwa jika ditotal maka nilai kerugiannya bisa cukup besar.
Mugkin jika anda ada yang belum tahu bagaimana cara mengkarantina ikan, mungkin saya bisa sedikit berbagi caranya mengkarantina ikan koi, yaitu pada artikel “Tahap Karantina Ikan Koi” (klik saja pada judul tersebut).

Tinggalkan Balasan