Daftar harga pakan lele

Harga yang saya berikan ini adalah harga pelet per-Febuari 2016, harga mungkin saja berubah sewaktu-waktu. Karena itu tidak disarankan untuk menjadikan harga yang saya berikan ini sebagai patokan. Tetapi dapat dijadikan sebagai reverensi semata, ataupun sebagai bahan pertimbangan.

Harga pelet ini diambil di daerah Malang, Jawa Timur. Kemungkinan untuk daerah lain juga memiliki harga yang berbeda pula.

Harga yang saya berikan juga berdasarkan pengamatan pribadi semata, jadi untuk tempat yang berbeda kemungkinan juga akan ada perbedaan harga.

NO

UKURAN PELET

HARGA ECERAN/Kg

HARGA

PER-KARUNG

1

PF – 500

Rp 18.000,- /Kg

Rp 175.000,-/10 Kg

2

PF – 800

Rp 15.500,- /Kg

Rp 150.000,-/10 Kg

3

PF – 1.000

Rp 15.000,- /Kg

Rp 145.000,-/10 Kg

4

-1 (Min 1)

Rp 11.000,- /Kg

Rp 300.000,-/30 Kg

5

-2 (Min 2)

Rp 10.500,- /Kg

Rp 295.000,-/30 Kg

6

-3 (Min 3)

Rp 10.000,- /Kg

Rp 285.000,-/30 Kg

7

-4 (Min 4)

Rp 9.500,- /Kg

Rp 275.000,-/30 Kg

Untuk harga yang saya berikan di atas, adalah harga pelet yang sering saya gunakan. Karena dalam penggunaan pelet memang saya tidak menggunakan semua ukuran, kerena untuk beberapa ukuran pelet, tidak terlalu berbeda jauh ukurannya, sehingga saya lebih sering untuk menggunakan ukuran yang lebih kecil dari pada ukuran yang dapat dimakan oleh ikan. Dan setelah ikan tumbuh menjadi lebih besar, saya akan memberikan pakan yang ukurannya sesuai dengan ukuran mulut ikan. Sehingga ada beberapa ukuran yang saya lewati atau tidak saya gunakan.

Prima Feed PF 1000

Perlu saya tambahkan disini, yaitu bahwa dengan ukuran yang semakin besar, maka kandungan protein di dalam pakan ikan tersebut akan semakin sedikit. Memang ukurannya tampak lebih besar, tetapi kandungan proteinnya semakin sedikit. Karena hal inilah, maka banyak peternak yang tidak mau menggunakan pelet dengan ukuran yang besar seperti Min 3 dan Min 4. Karena jika dipaksakan memang nafsu makan ikan tidak akan berkurang, tetapi kecepatan pertumbuhan ikan akan semakin menurun.

Tetapi jika sejak pertama menggunakan pakan yang stabil di ukuran Min 1 dan saat mendekati panen menggunakan ukuran Min 2, maka kecepatan pertumbuhan ikan akan menjadi sangat pesat sekali, bahkan dalam 2 bulan kita sudah dapat panen sampai setengah dari jumlah ikan dalam kolam. Memang dengan menggunakan cara ini, konsekuensi yang harus kita hadapi adalah jumlah pengeluaran untuk biaya pakan menjadi cukup besar, tetapi jika jumlah panen cukup banyak dan jarak panennya semakin singkat, maka keuntungan kita tidak akan berkurang, bahkan malah bisa terus bertambah.

Panen cepat seperti ini, dengan berat ikan yang dihasilkan cukup banyak, memang bukanlah sebuah ilusi atau sulap. Hal ini dapat terjadi karena kadungan protein dari pelet Min 1 memang lebih tinggi dari pelet yang memiliki ukuran yang lebih besar, dengan kandungan protein yang tinggi inilah maka kecepatan pertumbuhan ikan akan semakin tinggi juga. Jika sudah menggunakan pelet dengan kandungan protein tinggi seperti ini, maka tanpa memberikan pakan tambahanpun ikan sudah dapat tumbuh dengan pesat.

Jika di pasaran anda menemukan atau malah membeli pelet, dengan harga murah, maka anda perlu waspada, Pengalaman pribadi saya pernah mengalami, yaitu pada saat saya harus membeli pelet ukuran Min 2 dengan harga saat ini berkisar di Rp 10.500,- /Kg, maka saya pernah ditawari pelet Min 2 dengan harga Rp 6.000,- /Kg. Saat saya mencium baunya sudah dapat dipastikan bahwa pelet murah tersebut memiliki kualitas yang tidak terlalu baik. Jika dilihat dari segi bentuk dan warnyanya memang sekilas tampak sama dengan pelet dengan kualitas baik, karena itu memang perlu kehati-hatian dalam memilih pelet, agar tidak menyesal. Karena saat saya mencoba memberikan pelet tersebut untuk makanan lele, ternyata ikan tidak terlalu senang untuk memakannya, dan setelah beberapa waktu ternyata pertumbuhan ikan menjadi melambat.

Dalam hal proses pemilihan pelet seperti saya alami ini memang biasa terjadi pada peternak pemula. Karena memang dari segi pengalaman belum terasah, tetapi saya rasa dengan berjalannya waktu pasti banyak pelajaran seperti ini yang dapat diambil.

    • Dony on 18 Agustus 2016 at 9:41 pm

    Reply

    Salam kenal pak, saya Dony (Malang). Mau tny utk pembelian pakan ikan grosir/eceran di daerah Malang di toko apa pak? Tks

      • Remi on 20 Agustus 2016 at 10:53 am
      • Author

      Reply

      Kalau di Malang mas Dony ingin membeli pakan lele, sebetulnya tidak perlu khawatir, karena hampir setiap toko yang menjual pakan burung, biasanya juga akan menjual pakan ayam, ikan, anjing dan kucing. Jadi biasanya sudah jadi satu paket begitu

    • Deyan on 21 Agustus 2016 at 1:02 pm

    Reply

    Sy deyan dimlg,posisi dmn pak utk bs mendptkan pakan lele didaerah malang?

      • Remi on 22 Agustus 2016 at 7:08 pm
      • Author

      Reply

      banyak sih mas, hampir semua toko yang jual pakan burung di pinggir jalan itu biasanya juga jual pakan ikan, tapi kalau masnya mau beli dalam jumlah besar, ada satu toko grosir di daerah Turen, sebelum rumah sakit bokor sebelah kiri jalan, saya lupa nama tokonya, tapi di sana harganya agak murah kalau kita beli banyak.

      soalnya hampir semua toko jual pakan di daerah saya, ambil barangnya dari sana

    • Nananh on 24 Agustus 2016 at 4:59 am

    Reply

    Kalau pak remi sendiri ini beli dimana untuk wilayah malang kota…lokasi detailnya. Trimakasih

      • Remi on 24 Agustus 2016 at 7:18 pm
      • Author

      Reply

      kalau rumah saya ada di Bululawang, soalnya di dekat rumah aja sudah banyak yang jual jadi ngak pernah beli jauh-jauh.

      tetapi saran saja kalau bisa jangan beli di pasar burung splindid soalnya, hampir semua pelet yang dijual di sana adalah jenis pelet yang kandungan proteinnya rendah jadi harganya murah, tapi kalau tanya yang barangnya agak bagus, biasanya mereka akan ngasih pelet untuk ikan hias yang harganya mahal. soalnya kalau dikasih pelet seperti itu ikan jarang mau makan.

      kalau boleh tau mbak atau mas Nananh ini tinggal di daerah mana ya?

    • Jay on 4 September 2016 at 9:10 am

    Reply

    Maaf pak sy pemula dlm budidaya lele, mau tanya klo daerah sy di kab bulungan dimn bs sy dptkn pakan lele tsb ya.

      • Remi on 5 September 2016 at 5:32 am
      • Author

      Reply

      Lima tahun yang lalu saya pernah di Bulungan, walau sebentar kira-kira 2 bulan, cuma pekerjaan saya waktu itu bukan sebagai peternak ikan.
      jadi saya tidak terlalu paham, harus membeli di mana.

      tetapi pakan lele itu sama seperti seperti pakan udang, atau pakan patin, jadi tinggal disesuaikan saja sama ukurannya ikannya.
      kalau peternak udang saya pernah banyak berbincang dengan peternak yang ada di Bulungan sampai Tarakan, jadi kemungkinan kalau di Bulungan belum ada, mungkin anda harus membelinya ke Tarakan.
      Mohon maaf karena itu sudah lama sekali, jadi tidak tahu persis seperti apa kondisi di sana.

  1. Reply

    Salam kenal.. Saya mau beli pakan Lele-1,saya didaerah cisauk-Tanggerang… Bisa tolong info nya? Terimakasih, Sonie 081573281972

      • Remi on 19 September 2016 at 5:34 am
      • Author

      Reply

      Salam kenal juga mas Sonie, hanya saja saya berada di Malang, jadi saya tidak punya referensi untuk di daerah Tangerang.
      Dan lagi jika harus mengambil dari saya pakannya, saya rasa ongkos kirimnya juga bisa menjadi sangat mahal sehingga harganya menjadi tidak ekonomis lagi.
      Mungkin dengan menulis di kolom komentar ini, saya harap akan ada toko pakan ataupun penjual yang akan memberikan informasi yang lebih lengkap lagi.
      sekali lagi saya mohon maaf.

      • abu farhan on 15 November 2016 at 3:14 pm

      Reply

      buat mas sonie yg di cisauk, bisa beli pakan di daerah prumpung bogor ….cisauknya dimana mas?

    • Daniel on 10 Oktober 2016 at 2:21 pm

    Reply

    Salam kenal pak, saya Deni (bandung). Mau tny utk pembelian pakan ikan grosir/eceran di daerah bandung di toko apa pak? Tks

      • Remi on 17 Oktober 2016 at 3:03 pm
      • Author

      Reply

      Maaf mas saya hanya bermain untuk daerah lokal Malang saja, jadi untuk daerah Bandung saya tidak tahu persis.
      Tetapi setahu saya toko pakan ikan yang menjual secara eceran biasanya cukup banyak tersebar di sekitar perumahan, tetapi jika tidak ada biasanya kalau saya akan bertanya ke toko penjual pakan burung atau ayam, karena biasanya hubungan mereka lebih luas

    • Riko Mahananda on 17 November 2016 at 7:20 am

    Reply

    Bisa ngga ya pak saya pinjam pakan lelenya. Untuk pembayarannya setiap tahun. . Kalau boleh saya mau pinjam 100 sak dulu

      • Remi on 17 November 2016 at 7:34 am
      • Author

      Reply

      Mohon maaf mas sebelumnya, karena saya pribadi hanya peternak biasa dan untuk sekarang ini saya tidak fokus untuk penjualan pakan lele, Jadi saya belum bisa membantu. Apalagi dengan pinjaman sebesar itu kelihatannya tetap agak sulit untuk dipenuhi, karena di daerah kami skala usahanya yang masih kecil.

      • andi on 5 April 2017 at 11:47 am

      Reply

      emang sendal dipinjem2?

    • Surul huda on 28 November 2016 at 8:26 pm

    Reply

    Aku surul huda dari nganjuk.. kalo untuk pmbesaran gurame pakan yg baik buat gurame namanya apa yaa..?? Makasih

      • Remi on 29 November 2016 at 4:11 am
      • Author

      Reply

      Kalau di daerah rumah saya di Malang, untuk ikan gurame, nila, bawal, atau jenis ikan konsumsi lain, kami tetap menggunakan pelet atau pakan ikan yang banyak di jual di pasaran.
      Sedangkan untuk merk dan ukuran peletnya biasanya sangat variatif sekali, tergantung dari masing-masing peternak.
      Tetapi buat saya pribadi bahwa laju dari pertumbuhan ikan, akan sangat tergantung dari kandungan protein yang terdapat di dalam pelet tersebut

    • Joko hariyanto on 23 Desember 2016 at 4:31 pm

    Reply

    Cara pemesanannya bagaimana pak jika dikirim ke tangerang

      • Remi on 24 Desember 2016 at 5:12 am
      • Author

      Reply

      Untuk saya pribadi masih belum menjual pakan lele, tetapi jika anda memerlukan data penjual pakan lele akan saya tampilkan pada artikel https://ternakpedia.com/824/data-penjual-pakan-ikan-indonesia/ , anda bisa nego sendiri pada penjualnya tentang harga dan cara pengiriman. Data tersebut akan terus saya update sesuai dengan informasi yang masuk.

  2. Reply

    selamat siang Gan
    cara membibit ikan lele Jumbo
    bagaimana kah Gan ??????!!!!!!!!!!!!!!!

      • Remi on 15 Februari 2017 at 9:58 pm
      • Author

      Reply

      Apa maksudnya lele dumbo ya?
      Saya memang belum pernah memeliharanya secara langsung, karena di tempat kami lele jenis ini sulit untuk dijual, karena kebanyakan pembeli akan merasa jijik karena warna kulitnya yang belang-belang seperti sapi perah.
      Tetapi saya dengar bahwa lele jenis ini lebih mudah untuk dibudidayakan, dan ketahanan hidupnya juga lebih tinggi dari lele biasa, hanya saja harus dilihat dulu apakah pasar di sekitar rumah mas Ruben bisa menerima hasil panennya.

  3. Reply

    selamat siang Gan
    saya pendatang baru gan
    eissssssssssssssssssssssssssssssss

      • Remi on 15 Februari 2017 at 9:59 pm
      • Author

      Reply

      Terima kasih mas Ruben atas kunjungannya di situs kami.

    • nadia on 13 Maret 2017 at 3:36 am

    Reply

    Kalo semisal buat pternak ikan skala kecil hrga pakannya trlalu mahal, ada nggak sih gan kira2 pakan alternatif yg ccok utk ikan lele ?

      • Remi on 13 Maret 2017 at 9:04 am
      • Author

      Reply

      Jujur saja, kalau kita beternak lele dalam skala kecil, maka dapat dipastikan kita akan rugi, karena biaya pakan yang mahal. Karena pakan itu sudah tidak dapat dimanipulasi lagi. Bahkan saya kemarin sempat untuk membuat pakan sendiri dengan mencontoh di internet, tetapi tetap saja ngak bisa mengalahkan kualitas pakan dari pabrikan.

      Tetapi saya kemarin saya sempat diberitahu kalau ada peternak yang memberi pakan tambahan dengan menggunakan usus ayam, hal ini karena harga usus di rumahnya lebih murah daripada harga pelet. Mungkin kalau ada daging atau jeroan yang lebih murah, itu bisa dipakai.

    • Onal on 14 Juni 2017 at 11:46 am

    Reply

    Maaf mas mau nanya, utk pemberian usus ayam itu gmana caranya? msh pemula mohon pencerahanya..

      • Remi on 14 Juni 2017 at 1:47 pm
      • Author

      Reply

      Kalau kita dapatnya kotor, mungkin perlu dicuci bersih dulu. Kalau sudah bersih tinggal kita potong-potong saja seukuran mulut ikan lele kita.
      Mungkin yang perlu diperhatikan adalah jumlahya, jangan sampai banyak usus yang tidak habis dimakan, karena bisa menimbulkan bau di dalam kolam, karena bahan seperti usus sangat mudah untuk membusuk.

    • ozan on 23 Juli 2017 at 3:51 am

    Reply

    Salam sukses,,
    Pak saya pemula dan saya tertarik untuk beternak lele,, klo boleh tau rincianya dr awal beli benih lele,pakan pelet,sampai panen kira2 berapa,,
    Saya ada lahan 5 meter persegi,, makasih atas jawabanya,,

      • Remi on 23 Juli 2017 at 6:03 pm
      • Author

      Reply

      Untuk perhitungan biaya budidaya ikan lele bapak bisa buka di artikel “Perhitungan biaya budidaya ikan lele” untuk alamatnya yaitu https://ternakpedia.com/167/perhitungan-biaya-budidaya-lele/. Mungkin bisa memberi gambaran kepada bapak tentang budidaya ikan lele.

      Kalau memang ada yang tidak dimengerti, atau ada yang ingin ditanyakan, saya persilahkan. Semoga sukses.

    • rohmat on 26 Juli 2017 at 7:53 pm

    Reply

    Trimakasih info ny y pa min..saya mau coba budi daya …ya untuk pemula pak.

    • Angel Vishinta on 21 Maret 2018 at 12:30 pm

    Reply

    Selamat siang pak,
    Mau tanya nih pak, bapak lebih sering pake palet yg ukuran berapa buat ternak lele awal sampai siap panen, dan takaran pemberian pakan lele sendiri berapa idealnya mohon rincianya.

      • Remi on 23 Maret 2018 at 4:34 am
      • Author

      Reply

      Kalau saya sendiri tidak pernah ada patokan khusus, cumua dalam beternak lele saya hanya memastikan bahwa ukuran pelet yang diberikan selalu lebih kecil dari ukuran mulut ikan. Untuk waktu menggati ukuran pelet juga sangat situasional, dan disesuaikan dengan kecepatan pertumbuhan ikan lele.

      Saran saya, bahwa dalam budidaya ikan lele sebaiknya pemberian pakan jangan sampai ikan kenyang. Tapi usahakan hanya sampai 80% kenyang, karena ikan lele lebih tahan lapar dari pada kenyang. Jadi, takarannya sebaiknya dilihat jika ikan sudah mulai tidak aktif makan, sebaiknya pemberian pakan dihentikan saja.

      Selain itu jangan sampai menyisakan pelet di dalam kolam, karena itu artinya ikan sudah kenyang, dan bisa menyebabkan banyak penyakit bagi ikan.

    • Tu eka on 31 Maret 2018 at 9:33 am

    Reply

    Mas mukin ada info yg jual pakan lele pulau bali seperti yg tercantum di atas mas
    Mnt info nya

      • Remi on 1 April 2018 at 3:58 am
      • Author

      Reply

      Tidak ada, karena kebanyakan penjual pakan itu beroprasi di daerah Jawa dan Sumatra. Bahkan sampai sekarang saya belum pernah diberi daftar harga pakan untuk Pulau Bali. Saya mohon maaf.

    • Jarot on 22 April 2018 at 1:03 pm

    Reply

    Kalau di kediri dimana yg paling murah ?

      • Remi on 24 April 2018 at 4:48 am
      • Author

      Reply

      Maaf saya tidak tahu penjual pakan yang murah di Kediri

  4. Reply

    Selamat Mala…
    Pak mau tanya, utk kwalitas pakan lele merk Hi Provite 781 dg Matahari Sakti LP bagus mn Pak ??
    Sebelumnya terima kasih jika berkenan menjawab 🙂

      • Remi on 31 Mei 2018 at 4:36 am
      • Author

      Reply

      Di tempat saya hanya ada ada Hi Provite itu saja, dan sampai saat ini merk tersebut masih yang paling baik. Sedangkan merk Matahari tidak dijual di tempat kami, sehingga saya belum pernah pakai, jadi tidak bisa memberikan komentar.

  5. Reply

    Selamat Malam Pak…
    mau tanya, secara kwalitas pakn lele merk Hi Provite 781 dg Matahari Sakti LP bagus mana Pak??
    Soalnya klo sya lihat tiap ukuran masing2 merk itu kandungan protein dan komposisi lainya hampir sama.

    Terima kasih sebelumnya jika berkenan menjawab

  6. Reply

    Assalamualaikum,
    Pak mau tanya pelet yg harganya 6000/kg di postingan bapak itu merknya apa nggih? takutnya salah beli yang itu.
    Sama perlambatan pertumbuhan jika dibandingkan diberi pelet 781 dengan pelet tersebut apakah sangat signifikan?

      • Remi on 5 Juni 2018 at 5:08 am
      • Author

      Reply

      Tidak ada merknya pak, bentuknya seperti pelet curah yang dikemas dalam plastik kiloan.

  7. Reply

    Pak mau tanya pelet yg harganya 6000/kg di posting an bapak itu merknya apa? takutnya salah beli yang itu Sama perlambatan pertumbuhan jika dibandingkan diberi pelet 781 dengan pelet tersebut apakah sangat signifikan?

    • YANSEN on 30 Juni 2018 at 12:42 am

    Reply

    salam kenal Mas Remi, saya Yansen, trimakasih untuk tulisannya sesuai dengan pengalaman Mas Remi, saya sedang membuat plan untuk budidaya lele dengan kolam terpal system bioflok,…..mhn info untuk budi daya dengan benih 10 ribu sampai panen butuh berapa kg pakan Min 1 dan Min 2 Mas.

      • Remi on 1 Juli 2018 at 5:43 am
      • Author

      Reply

      Saran saya, jika anda masih baru pertama kali mencoba budidaya lele, maka jangan tebar terlalu banyak. Karena pengalaman saya, bahwa jarang sekali ada peternak pemula yang sukses, karena boleh dibilang tingkat kegagalannya sangat tinggi. Sebaiknya dimulai dari jumlah yang sedikit dulu. Baru setelah mahir, jumlah bibit yang ditebar ditambah sampai batas maksimal.
      Kalau kebutuhan pakan untuk awal pembelajaran biasanya tidak butuh banyak, karena dalam beberapa kali mencoba hampir semua lele saya dan peternak lain disekitar rumah saya mati semua.
      Dari percobaan pertama yang dilakukan, anda akan dapat menghitung kira-kira berapa banyak kebutuhan pakan, waktu panen, tenaga, dan untuk peternak pemula biasanya tempat menjual hasil panen menjadi kendala yang terbesar. Dan itu juga harus dipikirkan.

    • Rudi yulianto on 8 Juli 2018 at 9:38 pm

    Reply

    Malam pak, perbedaan daftar pelet diatas apa ya, antar PF dengan Min?
    Terima kasih.

      • Remi on 10 Juli 2018 at 5:36 am
      • Author

      Reply

      Yang pertama berbeda di pabrikan produsennya, karena itu mereka menggunakan merk dagang yang berbeda.
      Yang kedua, berbeda ukurannya, karena Pf memiliki daftar ukuran yang lebih kecil dari pada yang MIN
      Yang ketiga berbeda di kandungan gizinya, Pf memiliki kandungan gizi yang lebih tinggi dari pada MIN, karena itu wajar jika harga jual Pf series lebih mahal dari pada harga jual MIN series.

Tinggalkan Balasan