Akibat dari Memberikan Pakan yang Berlemak Tinggi kepada Ikan Koi

Jika pada artikel sebelumnya saya telah menuliskan tentang kondisi ikan koi yang mengalami sakit parah dengan menunjukkan gejala berkumpul pada salah satu pojok kolam. Maka,kondisi ikan koi yang diberi pakan dengan kadar lemak tinggi juga akan seperti itu, tetapi bedanya ikan koi yang diberi pakan berlemak, mereka akan berkumpul pada bagian kolam yang dialiri oleh air, dan bukanya di pojokan kolam yang tenang.

Kondisi ini dialami oleh salah seorang teman, yang baru saja mengganti pakan ikan koinya, dengan menggunakan breder pro.

Meskipun kejadiannya hampir mirip, yaitu kondisi dimana ikan koi semuanya berkumpul, tetapi bedanya yang satu masih cukup sehat dan yang satunya karena sakit. Selain itu kita juga bisa melihat dari pergerakan ikan koi tersebut, apakah lebih banyak diam, ataukah masih semangat untuk bergerak.

Menurut seorang teman lain, ternyata ikan koi yang berenang untuk berkumpul di dekat pancuran air yang mengalir, atau di dekat aerator, adalah akibat dari pemberian pakan yang terlalu tinggi lemak. Ternyata untuk mencerna lemak, ikan koi membutuhkan oksigen yang lebih banyak, karena itu mereka akan berkumpul di tempat yang banyak terdapat oksigennya, seperti di dekat pancuran air, atau di dekat aerator.

Selain itu ternyata dengan pemberian pakan yang mengandung lemak tinggi, maka akan timbul lapisan lemak pada permukaan air kolam, hal ini tentunya juga akan menghalangi oksigen yang akan masuk ke dalam air. Dan seperti kita tahu bahwa ikan koi adalah jenis ikan yang membutuhkan oksigen terlarut dalam air yang cukup tinggi, sehingga jika tidak mendapatkan oksigen dalam jumlah yang cukup mereka akan berusaha untuk mendapatkannya, misalnya dengan berenang dekat permukaan air, atau dengan berenang dekat dengan pancuran air ataupun aerator.

Tetapi sebenarnya jika pakan tersebut diganti, dengan pakan yang tidak terlalu berlemak, maka kondisi ini akan segera kembali seperti semula. Mungkin sebagai langkah antisipasi berikutnya, kita bisa membuang lapisan minyak sisa pakan yang masih terdapat di permukaan kolam, agar air dalam kolam dapat melakukan tugasnya seperti semula. Tetapi pastinya cara ini tidak akan menyelesaikan akar masalahnya, yaitu soal pemberian pakan.

Tinggalkan Balasan