Ikan Koi Bergerombol di Pojokan Kolam Tidak Bergerak

Beberapa waktu yang lalu ada salah seorang kenalan yang bercerita tentang kondisi ikan koi miliknya. Dia mengatakan bahwa di hari sebelumnya masih belum ada tanda-tanda apapun, lalu saat pagi harinya, saat dia mengecek ikan koi miliknya, ternyata ikan-ikan tersebut sedang ada di pojokan kolam, dan terlihat bahwa ikan-ikan tersebut seperti sedang memakan sesuatu di dekat permukaan air.

Dan kondisi ikan yang ada di pojokan tersebut terlihat bergerombol, tetapi jika ikan koi yang besar pindah, maka ikan koi yang lain juga akan kitu pindah.

Dan ternyata beberapa teman lain yang sudah lama memelihara ikan koi mengatakan bahwa prilaku ikan koi yang seperti ini merupakan tanda-tanda bahwa ikan tersebut sedang mengalami sakit. Bahkan ada teman lain juga yang mengatakan bahwa prilaku ini adalah tanda dari penyakit yang cukup mematikan, dan bisa saja membunuh seluruh ikan koi yang ada di dalam kolam. Hanya saja mereka tidak tahu apa nama penyakitnya, tetapi jika melihat gejalanya, maka mereka tahu bahwa itu sesuatu yang buruk.

Biasanya untuk ikan koi yang sehat, jika mereka tidak sedang makan, maka mereka hanya akan berada di pojokan kolam selama beberapa detik saja, dan paling lama kira-kira setengah menit saja, dan setelah itu mereka akan kembali lagi berenang-renang ke bagian kolam yang lain.

Karena ini adalah penyakit yang cukup mematikan, maka sebaiknya ikan yang terlihat paling banyak diam, harus segera dipisahkan, lalu tempatkan pada wadah karantina dan usahkan agar tidak bercampur dengan ikan yang sehat.

Sebagai langkah awal, kita bisa merendam ikan yang sakit tersebut dengan PK (Kalium Permanganat), atau dengan menggunakan garam. Untuk mendapatkan PK anda bisa membelinya di apotek dengan harga Rp 5 rb. Baru setelah itu lakukan langkah pengobatannya.

Lalu untuk mengobatinya kita bisa memberikan garam, elbayo, dan usahakan agar tempat karantina tersebut mendapat sirkulasi udara yang baik, jika bisa maka tempat karantina tersebut bisa dipasang aerator. Selain itu tempat karantina sebaiknya juga dipasang heater, tujuannya agar suhu air pada tempat karantina bisa terjaga kehangatannya. Biasanya untuk mendapatkan elbayo, kita bisa membelinya di toko-toko tempat jual ikan.

Mungkin pada saat tahap awal ikan terkena penyakit ini, ikan tidak akan menunjukkan gejala apapun, dan terkesan masih sama seperti ikan sehat yang lain. Tetapi setelah beberapa lama, maka ikan yang sakit tersebut akan memunculkan gejala-gejala pada sekujur tubuhnya.

Biasanya tubuh ikan akan muncul bercak-bercak kemerhan, yang kondisinya mirip seperti bentuk alur pembuluh darah, dan kondisi ini terjadi pada permukaan kulit, terkadang bercak ini juga muncul pada sirip dan juga ekor. Biasanya kondisi ini akan terlihat jelas terutama untuk ikan koi yang berwarna putih.

Tetapi jika ada orang yang merasa sayang untuk melakukan pemisahan, karena menganggap bahwa nafsu makan ikan yang masih cukup baik, maka sebenarnya hal ini cukup berisko tinggi, karena ada kemungkinan ikan yang sakit tersebut bisa menularkan penyakitnya kepada ikan yang masih sehat. Dan bukan tidak mungkin penyakit ini akan menjangkiti seluruh ikan yang ada di dalam kolam.

Tinggalkan Balasan