Kekurangan Cacing Sutra yang Berasal dari Tangkapan di Alam

Tidak dapat dipungkiri bahwa cacing sutra yang saat ini banyak di jual di pasar ikan dan di toko ikan, merupakan hasil tangkapan di alam. Hal ini karena jumlah peternak cacing sutra yang masih sangat kecil, sehingga hasil panen mereka masih belum mampu untuk menutupi permintaan pasar.

Karena masih banyak cacing sutra yang berasal dari tangkapan alam itulah, maka saya akan mencoba untuk berbagi, tentang kondisi cacing sutra tersebut. Karena memang ada beberapa hal, yang dapat digunakan untuk menggambarkan kondisi cacing sutra tersebut.

Kondisi yang pertama, yaitu cacing sutra yang berasal dari alam biasanya berasal dari sungai, karena meskipun aliran sungai tersebut sangat lemah, tetapi setidaknya tetap saja ada aliran air di sana. Karena itu tidak jarang kita bisa menemukan cacing sutra yang kita beli bisa mati semua, pada saat tidak kita beri aliran air yang cukup. Jadi, intinya cacing sutra yang berasal dari tangkapan di alam lebih gampang mati.

Karena itu banyak peternak yang membeli cacing sutra sebanyak kebutuhannya saja, dan jika mereka terlalu banyak menyimpan cacing sutra di rumah, maka kemungkinan cacing tersebut mati akan semakin besar.

Tidak dapat kita pungkiri, bahwa kondisi perairan sungai kita sudah banyak yang tercemar, dan bukan tidak mungkin bahwa kondisi pencemaran tersebut akan mempengaruhi kondisi cacing sutra yang ada di dalamnya. Jadi, jangan merasa heran jika sampai ikan hias yang kita miliki mengalami kematian mendadak setelah diberi makan cacing sutra, karena mungkin saja cacing sutra yang kita berikan tersebut sudah terkontaminasi.

Hal lain yang terdapat dari cacing sutra yang berasal dari tangkapan di alam, yaitu kondisi tubuh dari cacing-cacing tersebut bisa mencapai ukuran yang cukup besar, bahkan saya pernah menjumpai cacing sutra yang sebesar cacing tanah ukuran kecil.

Kondisi ini menjadi kurang menguntungkan, terutama untuk peternak pembibitan ikan, karena ukuran ikan yang masih kecil, maka hanya cacing yang kecil saja yang bisa dimakan oleh bibit ikan tersebut, dan biasanya cacing yang berukuran besar akan dibiarkan begitu saja.

Tinggalkan Balasan