Ikan Laut akan Mati jika Dimasukkan dalam Air Tawar

Pada artikel ini saya ingin menjelaskan alasan mengapa ikan air asin / laut akan mati jika diletakkan di air tawar. Tetapi sebenarnya ikan air tawar juga sama nasibnya, yaitu akan segera mati jika diletakkan pada air laut. Meskipun ada jenis ikan yang dapat hidup di air laut dan air tawar, seperti jenis ikan bandeng dan ikan salmon, tetapi jumlahnya sangat terbatas sekali.
Sebenarnya ikan laut dan juga ikan air tawar sudah melakukan adaptasi yang luar biasa dengan lingkungan hidupnya, sehingga saat kita memasukkan mereka pada lingkungan yang sama sekali baru, maka pastinya mereka akan kaget dan bukan tidak mungkin mereka akan segera mati.
Bentuk adaptasi yang paling berpengaruh terhadap kehidupan ikan adalah yang disebut sebagai osmosis. Yang disebut osmosis adalah perpindahan molekul air dari yang kandungannya lebih encer ke air yang kandungannya lebih pekat.
Sebagai gambaran saja bahwa kandungan air tawar itu lebih encer dari pada kandungan air yang ada di dalam tubuh ikan. Sementara air laut memiliki kandungan yang lebih pekat dari pada cairan yang ada di dalam tubuh ikan.
Akibatnya bentuk adaptasi yang dilakukan oleh ikan air tawar adalah mereka akan banyak meminum air, tetapi akan sedikit sekali mengeluarkan air melalui proses kencing, bahkan mereka hampir-hampir tidak pernah kencing.
Hal ini terjadi karena peritiwa osmosis membuat banyak cairan yang ada di dalam tubuh ikan keluar dengan sendirinya, akibat dari perbedaan kandungan kepekatan antara kandungan air yang di dalam tubuh ikan lebih pekat dari pada kandungan air yang ada di sekitarnya.
Sementara itu hal sebaliknya terjadi pada ikan air asin, mereka akan sedikit sekali minum air atau bahkan tidak pernah minum sama sekali, tetapi mereka akan sangat banyak mengeluarkan air dalam proses kencing.
Penyebabnya masih sama yaitu proses osmosis yang terjadi pada tubuh ikan, hal ini karena kandungan air laut yang ada di sekitarnya lebih pekat dari pada kandungan air yang ada di dalam tubuh ikan, mengakibatkan air laut yang ada di sekitarnya bergerak masuk ke dalam tubuh. Dan karena jumlahnya semakin lama semakin banyak, maka air tersebut perlu di keluarkan lewat kencing.
Tujuan dari proses osmosis, adalah untuk membuat keseimbangan cairan yang ada di dalam tubuh ikan, dan proses minum dan buang air tersebut adalah cara adaptasi yang digunakan oleh ikan untuk menyeimbangkan kandungan air yang ada di dalam tubuhnya.
Karena itu saat ikan air asin dimasukkan ke dalam air tawar, maka pasti akan mati karena peristiwa osmosisnya menjadi terbalik, dan demikian juga sebaliknya.
Contoh peristiwa osmosis dalam kehidupan sehari-hari, yaitu misalnya sebelum memasak ikan lele, kebanyakan orang akan menaburkan garam dapur ke ikan lele yang akan di masak, dan dengan demikian maka ikan akan segera mati dengan mengeluarkan banyak cairan, dan setelah ikan mati baru ikan bisa dibersihkan dan dimasak.

Tinggalkan Balasan