Keunggulan Beternak Love Bird

Beternak burung berkicau bukanlah sebuah hal yang asing untuk saya pribadi, karena jumlah peternak dan juga penghobi burung berkicau di sekitar tempat tinggal saya sangat banyak sekali. Bahkan, karena jumlahnya yang banyak, maka tidak jarang burung hasil penangkaran tersebut, ada yang sampai di jual ke luar daerah, dan pasar yang paling menyerap hasil penangkaran burung di tempat kami adalah dari Jakarta.

Dan diantara burung-burung tersebut, love bird adalah jenis burung yang cukup mudah untuk dipelihara dan dikembangkan, misalnya saja bila dibandingkan dengan beternak burung kenari, kacer, murai, dan beberapa jenis burung berkicau lainnya. Maka love bird masih tergolong lebih mudah.

Ada beberapa hal yang dapat membuat love bird menjadi lebih unggul bila dibandingkan dengan burung berkicau lainnya. Misalnya saja, love bird lebih dikenal sebagai burung yang mandiri, sehingga untuk masalah mandi love bird bisa mandi sendiri dan tidak perlu dimandikan.

Mungkin kalau untuk mandi sendiri, ada jenis burung lain yang bisa melakukannya, tetapi keunggulan lain dari love bird, misalnya love bird adalah jenis burung yang sayang terhadap anaknya, sehingga dia akan membuat sarangnya sendiri (kita tinggal menyiapkan bahannya saja). Lalu saat anaknya menetas maka dia akan meyuapi dan memelihara anaknya tersebut sampai bisa mandiri (lalu mereka akan menghasilkan keturunan kembali).

Beberapa ekor love bird juga bisa diletakkan bersama dalam sebuah sangkar besar, dan mereka tidak bertengkar seperti jenis burung berkicau yang lainnya. Jadi, kita bisa lebih hemat tempat. Kehebatan dari love bird yang lain, misalnya love bird tidak harus selalu dijemur di bawah sinar matahari, untuk membuat suaranya bagus, ternyata jika memang tidak sempat maka kita bisa menjemurnya kadang-kadang saja.

Tetapi jika kita menggunakan sangkar yang besar, maka kita bisa membagi sangkar tersebut menjadi bagian yang terkena sinar matari langsung, dan ada bagian yang terlindungi dari sinar matahari dan hujan. Maka dengan hanya menjaga ketersediaan air dan pakannya saja, maka love bird sudah dapat berkembang biak dengan baik.

Hal ini karena love bird memang hewan yang mandiri dan bisa mengurus dirinya sendiri, dan anak-anaknya. Hanya saja ini adalah versi mudahnya saja, karena jika kita memang ingin menghasilkan burung dengan kualitas super, maka pastinya juga diperlukan usaha ekstra untuk melatih dan merawatnya.

Tetapi jika untuk pemula yang baru belajar untuk memelihara burung, maka love bird adalah salah satu burung yang bisa direkomendasikan untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan.

Lagi pula harga jual love bird juga cukup mahal, dan harganya juga sangat stabil, sehingga kegiatan beternak love bird bisa menjadi usaha yang cukup menjanjikan.

Tinggalkan Balasan