Kebiasaan Hidup Kura-kura

Saya memelihara seekor kura-kura jenis Brazil, yang saya beli di pet shop yang ada di dekat rumah dengan harga Rp 15.000/ekor. Saya menganggap kura-kura ini cukup unik karena memiliki cangkang berwarna hijau, meskipun saya juga tahu bahwa warna cangkang tersebut akan segera menjadi gelap, seiring dengan pertumbuhannya nanti.

Karena di pet shop tersebut, ada juga kura-kura Brazil yang sudah besar, jadi saya tahu ukuran dan bentuknya jika semakin besar nanti. Dan selama saya memelihara kura-kura, ada beberapa kebiasaan yang bisa saya amati, misalnya saja :

Sikap yang ditunjukkan oleh kura-kura saya pada saat dijemur yaitu kura-kura akan berada di atas batunya sambil mengangkat kepalanya menghadap sinar matahari, dan bila sinar matahari tersebut sudah mulai panas, maka kura-kura tersebut akan memilih untuk menikmati sinar matahari sambil berendam di dalam air.

Pada saat saya menjemur kura-kura, saya akan menjemurnya beserta kandangnya, hal ini agar kura-kura tersebut tidak kabur.

Memang sepertinya kura-kura milik saya ini sangat senang bermain dengan air, bahkan saya melihat bahwa dia bisa bermain sepanjang hari, tetapi saat akan tidur sepertinya kura-kura akan mencari tempat yang kering. Hal ini karena hampir setiap malam saya selalu melihat bahwa kura-kura tersebut naik ke atas batu yang ada di dalam wadahnya.

Sepertinya kura-kura milik saya akan segera masuk ke dalam air, jika merasa terganggu, kaget, ataupun takut. Lalu dia akan bersembunyi di dekat batu pijakan yang ada di dalam wadah, nampaknya kura-kura adalah jenis hewan pemalu yang mudah terkejut.

Jika jumlah air di dalam wadah kura-kura cukup sedikit, maka air tersebut hanya digunakan untuk berjalan-jalan saja. Tetapi jika kita memberikan air dalam jumlah yang cukup tinggi, melebihi tinggi kura-kura, maka kura-kura akan menenggelamkan dirinya cukup lama di dalam air, dan baru akan muncul ke permukaan jika akan mengambil nafas saja.

Untuk makanan yang saya berikan kepada kura-kura saya adalah pelet ikan, dengan jenis pf 500, dan nampaknya kura-kura milik saya cukup menyukainya. Selain pelet saya juga sering memberikan ikan kecil segar sebagai makanan tambahan.

Tetapi pada saat saya memasukkan ikan kecil hidup ke dalam wadah, nampaknya kura-kura tersebut tidak terlalu antusias untuk memangsa ikan hidup yang saya berikan, tetapi jika ikan tersebut dibunuh terlebih dahulu, barulah kura-kura akan mamakannya dengan lahap. Saya pikir bahwa kura-kura milik saya ini hanya malas saja untuk menangkap ikan hidup yang bisa bergerak lincah.

Selain itu saya juga pernah memberikan menu sayuran kepada kura-kura ini, hanya saja kura-kura saya tidak terlalu antusias dalam makan sayuran. Pada waktu itu saya memasukkan daun kangkung, tetapi hanya sekali saja dia memakannya, dan setelah itu tidak pernah lagi dimakan.

Tinggalkan Balasan