Memilih Wadah untuk Memelihara Kura-kura

Saat baru pertama membeli kura-kura, ternyata pemilihan wadah yang akan kita jadikan sebagai kandang kura-kura, ternyata cukup menentukan keberhasilan kita dalam proses pemeliharaan. Karena saya baru pertama kali memelihara kura-kura, maka saya tidak tahu jika kura-kura, mampu untuk melewati ketinggian wadah, bahkan dapat melewati wadah yang setinggi ukuran tubuh kura-kura.

Pada saat itu saya membeli kura-kura sebanyak 2 ekor, dan ternyata kedua ekor kura-kura tersebut, mampu untuk keluar dari wadah yang akan saya jadikan kandang, tetapi hanya seekor yang berhasil saya tangkap kembali, dan yang seekor lagi entah kemana. Karena itu sepertinya pemilihan kandang memang cukup menentukan keberhasilan kita dalam memelihara kura-kura.

Karena itu sekarang saya menggunakan wadah yang kira-kira cukup tinggi, dan kura-kura sudah tidak mampu lagi untuk memanjatnya, dan ternyata pada saat saya menggunakan wadah seperti ini, memang benar bahwa kura-kura saya tidak bisa kabur dari kandangnya.

Untuk anda yang akan memelihara kura-kura dan meletakkannya di luar ruangan, maka sebaiknya untuk wadah yang akan digunakan sebaiknya adalah wadah yang memiliki penutup, karena kita tidak tahu apakah akan ada hewan predator yang dapat memangsa kura-kura milik kita. Karena untuk di daerah sekitar rumah saya, masih banyak terdapat ular dan kucing, sehingga kemungkinan besar hewan seperti itu bisa menjadi ancaman bagi kura-kura kita.

Sebenarnya di pet shop tempat saya membeli kura-kura tersebut, juga menyediakan aquarium untuk kura-kura. Di dalam aquarium tersebut sudah terdapat batu kerikil warna-warni dan juga rumput plastik, sehingga aquarium tersebut sudah mirip seperti aquascape. Jadi, aquarium tersebut tinggal diberi air saja saat akan digunakan.

Aquarium kura-kura tersebut terbuat dari plastik dan tersedia dalam dua ukuran, yaitu besar dan kecil. Harga untuk aquarium yang kecil yaitu Rp 20.000/buah, sementara untuk aquarium yang besar dijual dengan harga Rp 35.000/buah.

Sebenarnya selain aquarium khusus kura-kura, saya juga sudah mendapatkan beberapa harga dan ukuran dari aquarium, yang pastinya juga bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan, dan data tersebut sudah saya tampilkan pada artikel, jenis, harga, dan ukuran aquarium.

Selain aquarium, kita juga bisa menggunakan wadah plastik yang banyak tersedia di toko, misalnya seperti baskom, bak air, kotak makan, kotak piknik, dan beberapa wadah semacam itu. karena beberapa waktu yang lalu teman saya juga meminta untuk dibelikan wadah seperti itu, yang akan dia gunakan sebagai kandang kura-kura miliknya.

Hanya perlu diingat bahwa dalam memilih wadah untuk dijadikan kandang kura-kura maka sebaiknya dipilih wadah yang memiliki ketinggian yang cukup, agar kura-kura kita tidak mudah untuk kabur.

Tinggalkan Balasan