Nama Ilmiah dan Ciri-ciri Fisik Kura-kura

Mungkin ada di antara kita yang sangat menggemari untuk memelihara kura-kura, jadi tidak ada salahnya jika kita bisa mengenal lebih dekat hewan ini. Hewan jinak dan memiliki umur yang sangat panjang ini memiliki nama ilmiah, yaitu :

Kingdom          : Animalia

Filum               : chordata

Kelas               : Sauropsida

Ordo                : Testudinata (Linnaeus 1758)

Sub ordo          : Cryptodira

Pleurodira

Testudinata

 

Ciri-ciri Kura-kura :

Kura-kura dan penyu adalah hewan bersisik berkaki empat yang termasuk golongan reptil. Bangsa hewan yang disebut (ordo) Tertudinata (atau Chelonians) ini khas dan mudah dikenali dengan adanya ‘rumah’ atau batok (bony shell), yang keras dan kaku pada bagian belakang tubuhnya.

Batok kura-kura ini terdiri dari dua bagian, Bagian atas yang menutupi punggung disebut karapas (carapace) dan bagian bawah (ventral, perut) disebut platron. Kemudian setiap bagiannya terdiri dari dua lapis. Lapis luar umumnya berupa sisik-sisik besar dan keras, dan tersusun seperti genting, sementara lapis bagian dalam berupa lempeng-lempeng tulang yang tersusun rapat seperti tempurung.

Perkecualian terdapat pada kelompok labi-labi (Trionychoidea) dan jenis penyu belimbing, yang lapis luarnya tidak bersisik dan digantikan lapisan kulit di bagian luar tempurung tulangnya.

Dalam bahasa Indonesia, kita mengenal tiga kelompok hewan yang termasuk bangsa ini, penyu (bahasa Inggris: sea turtles), labi-labi atau bulus (freshwater turtles), dan kura-kura (tortoises) dan kura-kura air tawar (freshwater tortoises atau terrapins).

Tinggalkan Balasan