Lobster Mini Air Tawar sebagai Penghias Aquascape

Saat ini sepertinya selain menghiasi aquarium dan juga aquascape dengan menggunakan tanaman hias dan ikan hias, maka lobster hias juga bisa menjadi salah satu alternatif pilihan untuk bisa menambah keindahan. Jika ikan hias akan berenang melayang di dalam air, maka lobster akan menghiasi bagian dasar aquarium dan aquascape.

Dengan warna yang menarik dan mencolok, maka sepertinya lobster hias ini juga bisa digunakan untuk menambah keindahan lingkungan buatan pada aquarium dan aquascape kita. Memang ada beberapa warna yang dimiliki oleh lobster ini, tetapi sepertinya untuk jenis yang paling banyak dijual di sekitar rumah saya adalah jenis lobster yang berwarna orange cerah.

Di pet shop yang ada di sekitar rumah saya ada juga yang menjual lobster hias air tawar seperti ini, hanya saja yang dijual adalah jenis lobster mininya, yaitu dari jenis mini lobster Mexico Orange dan mini lobster Texanus Black. Sedangkan untuk harga jual masing-masing lobster tersebut adalah Rp 5.000/ekor.

Selain di pet shop tersebut sebenarnya di daerah pasar ikan hias juga ada pedagang yang menjual lobster hias seperti ini, hanya saja di sana saya belum sempat untuk menanyakan jenis dari lobsternya, tetapi jika dilihat dari bentuk dan warnanya, maka kemungkinan besar berasal dari jenis yang sama seperti di pet shop dekat rumah saya tersebut.

Tetapi karena lobster hias yang dijual di pasar ikan memiliki ukuran tubuh yang lebih besar, maka harga jualnya pun juga lebih mahal, yaitu Rp 10.000/ekor.

Kalau untuk pakannya sepertinya bisa juga diberikan pakan ikan biasa atau yang lebih dikenal sebagai pelet, hanya saja untuk perawatannya udang ini biasanya memerlukan pasokan oksigen yang cukup banyak sehingga aorator dan juga pompa air harus selalu menyala. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah kebersihan dari saringan air di aquarium, karena sepertinya udang ini adalah jenis yang memerlukan kondisi yang bersih untuk media pemeliharaannya dan oksigen dalam jumlah yang banyak.

Tinggalkan Balasan