Harga dan Jenis Perlengkapan untuk Memelihara Kura-kura

Jika pada artikel sebelumnya saya menuliskan tentang harga dari kura-kura itu sendiri, maka pada artikel kali ini, akan lebih banyak membahas tentang segala jenis perlengkapan yang kita butuhkan, jika ingin mulai untuk memelihara kura-kura. Karena tidak mungkin kita akan membiarkan kura-kura tersebut begitu saja setelah kita membelinya.

Mungkin perlengkapan yang paling standar untuk memelihara kura-kura adalah soal pakan, jika di pet shop yang ada di pasar ikan Kota Malang, di sana selain menjual kura-kura juga menjual pakan kura-kuranya sekalian. Untuk pakan ini sebenarnya saya lihat hampir tidak ada bedanya dengan pakan untuk ikan hias. Hanya saja pada tampilan bungkusnya tertempel gambar kura-kura, jadi biasanya konsumen akan lebih percaya kalau itu adalah pakan kura-kura.

Hanya jika memang tidak memiliki pakan khusus seperti yang dijual di pet shop tersebut, maka sebenarnya kita bisa menggunakan hampir semua jenis pakan ikan atau biasa disebut pelet, dari segala merk, hanya jika bisa kita harus gunakan pelet yang berukuran kecil, karena dengan ukuran yang kecil tersebut akan memudahkan kura-kura dalam menggigitnya, sehingga mudah untuk ditelan / dicerna, terutama lagi jika kura-kura yang kita beli tersebut memang berukuran kecil.

Tetapi jika kita akan membeli pakan khusus kura-kura, maka harga jualnya di pasar ikan tersebut adalah Rp 5.000/botol. Hanya saja saya lebih suka untuk membeli pelet pf 500, karena sepertinya lebih disukai oleh kura-kura saya dari pada pakan khusus kura-kura tersebut. Lagi pula jika membeli pelet maka saya bisa membelinya dalam jumlah yang sangat sedikit yaitu Rp 3.000/100gram.

Mungkin perlengkapan yang lain yang harus kita siapkan, jika ingin memelihara kura-kura adalah wadah untuk dijadikan sebagai kandang kura-kura. Ada beberapa jenis kandang yang bisa kita beli di pet shop, misalnya saja wadah plastik berukuran panjang 15 cm x lebar 8 cm x tinggi 8 cm.

Di dalam wadah tersebut sudah disediakan juga rumput plastik dan batuan warna-warni, sehingga sudah mirip seperti diorama aquascape. Sedangkan untuk harga dari kandang kura-kura seperti ini, yaitu Rp 20.000/buah, tetapi untuk yang lebih besar harganya juga lebih mahal.

Hanya saja jika ingin menggunakan wadah yang lain sebagai kandang kura-kura, (plastik / aquarium kaca) mohon diusahakan agar ketinggian wadah tersebut minimal tiga kali panjang tubuh kura-kura, jika bisa mohon dilebihkan lagi. Hal ini karena kura-kura bisa dengan mudah keluar dari kandang jika ketinggiannya kurang. Bahkan saya sudah pernah kelihangan kura-kura karena tidak mempertimbangkan soal ketinggian wadah ini.

Untuk wadah plastik, harganya mulai dari Rp 10.000/buah, tetapi jika wadah tersebut lebih besar dan kualitas plastiknya lebih baik, maka harganya juga akan lebih mahal, ada yang dijual dengan harga Rp 20.000/buah, yang diatasnya ada juga yang dijual dengan harga Rp 35.000/buah

Untuk kura-kura yang ukuran tubuhnya lebih besar, mungkin anda bisa untuk mempertimbangkan membeli aquarium sedangkan untuk harga dari aquarium tersebut macam-macam, tergantung dari ukuran bentuk dan juga modelnya. Untuk harga aquarium polos tanpa mainan tanpa dekorasi yang berukuran lebar 30 cm x tinggi 30 cm x panjang 60 cm dijual dengan harga Rp 80.000/pcs.

Sedangkan untuk aquarium dengan ukuran lebar 30 cm x tinggi 30 cm x panjang 70 cm, dijual dengan harga Rp 100.000/pcs. Untuk aquarium dengan ukuran lebar 40 cm x tinggi 40 cm x panjang 60 cm dijual dengan harga Rp 130.000/pcs.

NoKeteranganHarga
1Pakan kura-kuraRp     5.000/botol
2Pelet pf 500Rp     3.000/100 gram
3Kandang khusus kura-kura (kecil)Rp   20.000/buah
4Kandang khusus kura-kura (sedang)Rp   25.000/buah
5Kandang khusus kura-kura (besar)Rp   35.000/buah
6aquarium 30x30x60 cm (polos)Rp   80.000/pcs
7aquarium 30x30x70 cm (polos)Rp 100.000/pcs
8aquarium 40x40x60 cm (polos)Rp 130.000/pcs

Tinggalkan Balasan