Harga dan Jenis Kura-kura

Saya memang tergolong baru dalam bidang memelihara kura-kura, tetapi sebelumnya saya telah memiliki banyak pengalaman dalam memelihara hewan jenis lain, terutama jenis ikan. Sebelum saya memelihara kura-kura, sebenarnya sedikit banyak saya sudah mengetahui tentang kura-kura, bahkan saya juga tidak segan untuk bertanya kepada orang yang lebih ahli dalam memelihara kura-kura, baik itu secara nyata maupun juga secara online.

Karena terlalu sering bertanya kepada orang yang menjual kura-kura dan beberapa pecinta kura-kura, maka sedikit banyak sekarang saya tahu tentang jenis kura-kura dan berapa harganya di pasaran. Bahkan beberapa pernak-pernik tentang kura-kura saya juga sempat untuk menanyakannya.

Sebelumnya saya ingin menjelaskan juga bahwa untuk di daerah Malang Raya, saya hanya mengetahui bahwa toko hewan yang menjual kura-kura hanya ada di Pasar Ikan Kota Malang, Tetapi jika ada yang menjual kura-kura di tempat lain, memang saya tidak terlalu tahu persis.

Sebenarnya selain bisa membelinya secara langsung, ada juga teman saya mengatakan bahwa dia mendapat kura-kuranya dengan cara membelinya secara online di internet, tetapi ternyata harganya bisa sampai berkali-kali lipat dari pada harga jualnya di pet shop pasar ikan. Saya tidak tahu apakah itu karena ada ongkos kirimnya.

Hanya saja memang tidak semua pet shop yang ada di pasar ikan menjual kura-kura, karena sepertinya beberapa sudah tidak menjualnya lagi, jadi sebagai pembeli kita harus rajin bertanya kira-kira siapa yang masih menjualnya.

Ada berapa jenis kura-kura yang dijual di pet shop yang ada di pasar ikan Kota Malang. Dua yang paling banyak adalah jenis Brazil dan juga jenis Ambon. Jika, di pasar ikan tersebut untuk kura-kura jenis Brazil dengan ukuran yang sama dengan jenis Ambon, maka harga jualnya akan lebih mahal yang jenis Brazil. Tetapi jika anda mencari kura-kura dengan harga yang sama maka tetap ada, tetapi memang ukuran dari kedua jenis ini yang membedakannya.

Jadi, semakin besar ukuran dari kura-kura tersebut, maka akan semakin mahal harga jualnya. Sebenarnya untuk harga jual terendah kura-kura yang paling kecil dari jenis Brazil dan juga jenis Ambon adalah Rp 15.000/ekor, tetapi jika kura-kura dengan ukuran tersebut dijual lewat online, maka harga jualnya bisa mencapai Rp 100.000/ekor.

Harga jual kura-kura akan mengikuti ukurannya, jadi harga jualnya mulai dari Rp 15.000/ekor, Rp 17.500/ekor, Rp 50.000/ekor, dan Rp 75.000/ekor. Pernah suatu kali saya melihat pet shop yang hanya menjual seekor kura-kura dengan ukuran yang lumayan besar dari jenis Ambon, dan saat saya bertanya kepada penjualnya, dia mengatakan bahwa harganya Rp 200.000/ekor.

Dan memang di sana jarang sekali ada yang menjual kura-kura dengan ukuran besar, karena memang sangat lama sekali jika harus menunggu sampai kura-kura tersebut bisa tumbuh besar, apalagi saya dengar bahkan ada kura-kura yang sampai berusia 152 tahun, jadi jika harus mengunggu kura-kura tersebut besar, maka kita akan keburu tua.

NoKeteranganHarga
1Kura-kura Brazil (+ panjang 3 cm )Rp 15.000/ekor
2Kura-kura Ambon (+ panjang 4 cm)Rp 15.000/ekor
3Kura-kura Brazil (+ panjang 4 cm )Rp 17.500/ekor
4Kura-kura Brazil (+ panjang 7 cm )Rp 50.000/ekor
5Kura-kura Ambon (+ panjang 7 cm)Rp 50.000/ekor
6Kura-kura Brazil (+ panjang  10 cm )Rp 75.000/ekor
7Kura-kura Ambon (+ panjang 10 cm)Rp 75.000/ekor
8Kura-kura Ambon (+ panjang 16 cm)Rp 200.000/ekor

 

Tinggalkan Balasan