Fungsi Pembuatan Lubang Kamalir

Lubang kamalir adalah cekungan yang ada di dasar kolam atau tambak, dan letaknya selalu ada di dekat lubang pembuangan air. Tujuan dari pembuatan lubang kamalir, adalah untuk memudahkan kita dalam melakukan panen, hal ini karena saat air dalam kolam atau tambak dibuang keluar, maka ikan kita akan berada di dekat lubang pembuangan air tersebut, dan biasanya mereka akan berebut untuk masuk ke dalam lubang kamalir tersebut.

Setelah beberapa waktu ini belajar beternak ikan, maka saya mulai belajar bahwa dalam melakukan panen, kita harus melakukannya dengan cepat, hal ini perlu dilakukan agar ikan tidak menjadi stres. Jika, sampai kita terlalu lama melakukan panen, maka kemungkinan ikan menjadi stres akan meningkat, akibatnya jika ikan menjadi stres adalah penurunan bobot tubuhnya, dan biasanya jika sudah demikian, maka akan sulit untuk mengembalikan bobotnya ke ukuran semula. Bahkan tidak jarang juga, jika kita terlalu lama melakukan panen, maka hewan ternak kita bisa sampai mati, yang pastinya akan menjadi kerugian bagi kita.

Biasanya kebanyakan peternak ikan, udang, belut, dan hewan sejenisnya, dalam membuat kolam atau tambak, tidak akan membuat dasar dari kolam atau tabak tersebut dengan kondisi yang rata, tetapi mereka akan berusaha untuk membuatnya agak miring ke arah lubang pembuangan.

Hal ini dilakukan agar nantinya saat melakukan pengurasan, maka air dengan mudah mengalir ke arah lubang pembuangan tersebut, jadi intinya semakin miring dasar permukaan kolam atau tambak, maka permukaan kolam atau tambak akan semakin cepat bersih dari kotoran.

Kemiringan kolam juga berfungsi untuk memudahkan peternak dalam melakukan pengeringan dasar kolam, hal ini karena jika sampai dasar kolam tersebut datar, maka pada saat ada penurunan tanah, dasar kolam atau tambak tersebut akan berubah menjadi cekung, dan air akan banyak menggenang pada cekungan tersebut, dan pastinya akan sangat menyulitkan peternak dalam melakukan pembersihan dasar kolam.

Meskipun hanya dengan membuat kemiringan pada dasar kolam dan tambak, sudah dapat membantu para peternak dalam melakukan penen, tetapi jika ditambah dengan membuat lubang pada daerah sekitar lubang pembuangan (kamalir), maka hal ini akan lebih mumudahkan para peternak dalam melakukan panen.

Biasanya lubang kamalir pada kolam tanah atau tambak bisa dibuat dengan menggali sedikit lebih dalam pada area dekat lubang pembuangan, tetapi jika kolam yang digunakan terbuat dari bata ataupun beton, maka lubang kamalir ini, perlu dicetak atau dibuat secara khusus.

Jika anda menggunakan kolam yang terbuat dari terpal, maka anda hanya perlu menggali sedikit lebih dalam pada posisi lubang kamalir tersebut, dan terpal tersebut akan menutup sendiri lubang tersebut, sehingga kita tetap akan memiliki lubang kamalir, meskipun kita menggunakan terpal.

Tinggalkan Balasan