Makanan Anjing Kampung / Anjing Lokal

Berbeda halnya dengan anjing ras yang memang punya harga jual yang mahal, sehingga pemiliknya juga harus mengeluarkan biaya ekstra untuk keperluan anjing tersebut, termasuk pemberian pakan yang berkualitas. Tujuannya jelas, yaitu untuk menjaga kualitas dari anjing tersebut, agar suatu saat nanti saat anjing tersebut dijual, akan memiliki harga jual yang bagus.

Tetapi untuk anjing lokal, atau yang biasa disebut sebagai anjing kampung, terkadang mereka bisa makan saja itu sudah sangat beruntung, jangankan untuk bisa menikmati dog food, untuk bisa menyantap nasi saja sepertinya anjing kampung sudah sangat beruntung.

Hal ini karena harga dari anjing kampung yang sangat murah, bahkan tidak terlalu berharga, sehingga jarang ada orang yang mau untuk merawatnya. Setahu saya jika ada orang yang mau merawat anjing kampung, biasanya jika tidak digunakan untuk berburu, maka anjing tersebut diternakkan untuk diambil dagingnya.

Di tempat tinggal saya kebanyakan jika ada orang yang memelihara anjing, maka anjing tersebut akan makan apa yang dimakan oleh tuannya, bahkan anjing tersebut lebih sering makan nasi dan sayur, bahkan jika memang sedang tidak memasak, maka tidak jarang pemilik anjing tersebut akan memberikan makan nasi yang diberi minyak goreng bekas.

Saya pikir ini agak memilukan juga, tetapi sepertinya anjing tersebut tidak memiliki banyak pilihan, sehingga mau tidak mau, anjing tersebut tetap akan memakan makanan tersebut. Jika sedang beruntung, biasanya ada orang yang mau memberikan bakso sebagai menu tambahan selain nasi, atau terkadang juga jika tuan yang empunya anjing tersebut sedang masak ayam atau ikan, maka tulangnya dapat dijadikan lauk tambahan untuk anjingnya tersebut. Tetapi memang rata-rata, dalam menu makanan anjing lokal / anjing kampung, nasi adalah menu utamanya.

Hampir seluruh anjing kampung di tempat saya, kemungkinan besar tidak akan mengenal yang namanya dog food seumur hidup mereka, sehingga menu yang biasa mereka santap adalah makanan yang biasa dimakan oleh tuannya.

Tetapi untuk anjing kampung yang digunakan untuk berburu, terkadang jika mereka berhasil mendapatkan hewan buruan, maka tidak jarang anjing-anjing tersebut memakan sedikit hasil dari hewan buruan tersebut. Hewan yang banyak menjadi buruan adalah babi hutan, dulu saat luwak dianggap sebagai hama perkebunan kopi, luwak juga merupakan salah satu hewan buruan. Tetapi jika hewan yang diburu adalah tikus, biasanya tikus tersebut akan dibiarkan untuk dimakan oleh anjing-anjing tersebut. Tetapi memang kegiatan berburu tidak berlangsung setiap hari.

1 comment

    • Ahni on 16 September 2017 at 12:10 am

    Reply

    Menurut saya, anjing kampung memang perlu diberi perhatian lebih. Anjing kampung merupakan anjing ras yang di mix sehingga kehilangan garis arah keturunan. Makanya disebut anjing kampung. Anjing kampung yg makan nasi justru lebih sehat karna makanannya tidak mengandung pengawet sprti kbanyakan makanan fast food. Tapi meskipun anjing saya anjing kampung, saya sayang dan jaga mereka dengan makanan yg bagus serta trkadang kasi fast food anjing atau jus buah spy mereka sehat.

Tinggalkan Balasan