Habitat dan perilaku ikan lele

Dahulu ikan lele di masukkan ke indonesia untuk memakan tanaman air yang ada di dalam waduk, tetapi karena perkembangannya terlalu pesat, dan nafsu makannya yang rakus, maka lele dapat memusnahkan hewan asli menghuni perairan setempat. Tetapi karena penduduk Indonesia rata-rata menyukai daging lele, maka pertumbuhannya dapat dihambat bahkan sekarang lele di budidayakan untuk dikonsumsi.

Setiap jenis lele memiliki karakteristik yang cukup spesifik antara jenis yang satu dengan jenis yang lainya, tetapi untuk berapa karakter umum dari semua jenis lele, dapat digambarkan seperti:

Lele adalah hewan air tawar yang habitatnya adalah di perairan tenang dan tidak berarus deras, lele dapat kita temui di rawa, telaga, waduk, sawah yang masih tergenang air, dan juga sungai yang memiliki arus air yang perlahan. Bahkan lele dapat hidup pada air yang tercemar, misalkan got-got, dan selokan pembuangan.

Lele termasuk hewan nokturnal, yaitu hewan yang aktif mencari makanan pada malam hari, pada siang hari biasanya lele hanya berdiam diri saja.

Dalam beberapa artikel yang saya baca lele adalah hewan karnivora, karena dia sangat menyukai binatang-binatang renik seperti kutu air, cacing sutra, larva jentik nyamuk, serangga, keong-keong kecil, dan belatung. Tetapi menurut pengalaman pribadi, saya mencoba juga memberikan pakan hijauan pada lele, dan dari beberapa uji coba lele ternyata juga mau untuk mengkonsumsi daun singkong dan daun pepaya, sehingga menurut saya lele adalah hewan omnivora, karena dapat memakan segala seperti kita manusia.

Untuk nafsu makannya sendiri lele tidaklah sulit, karena lele adalah hewan yang sangat responsif terhadap makanan sehingga pakan apapun yang diberikan akan dimakan. Terutama jika pakan tersebut memiliki bau yang amis, atau bau khas lain maka tidak akan perlu waktu lama untuk lele menghabiskan makanannya.

Hanya perlu diperhatikan bahwa lele adalah jenis ikan kanibal, yaitu ikan yang tidak segan-segan memangsa sesamanya sendiri, sehingga pemisahan berdasarkan ukuran lele akan sangat menentukan keberhasilan panen.

Sebagai hewan budidaya lele dapat hidup dengan baik meskipun berada pada media yang kepadatannya tinggi.

Tinggalkan Balasan