Daun Tebu sebagai Pakan Ternak

Tebu adalah salah satu jenis tanaman rumput-rumputan, yang merupakan salah satu bahan baku utama, dalam proses pembuatan gula. Karena di sekitar rumah saya, cukup banyak pabrik gula, maka tanaman tebu menjadi salah satu komoditi andalan yang banyak ditanam oleh masyarakat sekitar.

Untuk dapat dipanen, setidaknya tanaman tebu memerlukan waktu sekitar setahun penuh, dan selama masa giling tebu tersebut, dan sebagai hasil sampingannya banyak sekali pucuk daun tebu yang juga dihasilkan. Sebagai informasi tambahan, bahwa dalam satu batang tanaman tebu akan ada satu rumpun pucuk daun yang masih muda.

Selama masa giling tersebut, akan ada banyak sekali lahan tebu yang akan dipanen, sehingga jumlah dari pucuk daun tebunya pasti juga akan sangat banyak sekali. Pada saat musim giling tiba, hampir setiap sore saya selalu melihat para pekerja tebang, yang membawa pulang pucuk daun tebu, biasanya mereka menggunakan motor sebagai alat transportasinya, dan setiap motor rata-rata bisa membawa seikat penuh daun tebu.

Saya pikir bahwa seikat daun tebu yang dibawa pulang tersebut, cukup untuk memberi makan seekor sapi dalam satu hari, tetapi jika digunakan untuk memberi makan kambing, mungkin bisa digunakan untuk memberi makan dua ekor kambing.

Karena saya tidak tahu apakah para pekerja tersebut sudah memiliki perjanjian dengan pemilik lahan soal pembagian daun tebu tersebut, tetapi setahu saya bahwa setiap pekerja selalu membawa pulang daun tebu tersebut, dan biasanya jumlah daun tebu yang dapat dibawa pulang selalu dibagi rata diantara para pekerja yang melakukan panen.

Lagi pula biasanya proses panen tebu, selalu dilakukan pada saat pertengahan musim kemarau, sehingga pada saat itu biasanya akan sangat sulit untuk mencari pakan hijauan untuk ternak. Karena itu dengan memberikan daun tebu sebagai pakan ternak, maka bisa menjadi solusi untuk mengatasi sulitnya mencari pakan hijauan.

Menurut beberapa orang yang saya temui, mereka mengatakan bahwa ternak mereka cukup menyukai menu daun tebu, meskipun saya pikir bahwa permukaan daun tebu miliki duri halus di seluruh permukaannya yang cukup kasar, dan bisa membuat luka bila terkena kulit. Tetapi meskipun demikian ternyata hewan ternak tetap menyukai menu tersebut.

Tinggalkan Balasan