Waktu yang Tepat untuk Mulai Menebar Bibit Lele

 

Meskipun saat ini penjualan ikan lele siap konsumsi agak tersendat, karena turunnya permintaan dari konsumen, bahkan sebenarnya penurunan permintaan dari konsumen tersebut, menyebabkan beberapa kolam yang siap panen di sekitar rumah saya, sampai sekarang belum diambil oleh tengkulak. Tetapi meskipun demikian kondisinya, saya menganggap bahwa waktu sekarang ini, adalah waktu yang paling tepat untuk melakukan tebar bibit yang baru.

Hal ini karena dua bulan lagi sudah mulai memasuki bulan puasa, dan sebulan kemudian adalah Lebaran. Pada saat itu biasanya kebutuhan pangan masyarakat mengalami lonjakan yang cukup banyak. Karena ada lonjakan permintaan itulah maka biasanya seluruh hasil panen lele yang dihasilkan bisa diserap oleh pasar, bahkan pada saat itu harga jual dari ikan lele bisa cukup tinggi.

Lagi pula dengan tingginya konsumsi masyarakat, maka kita bisa menjual langsung panen lele kita pada konsumen, misalnya pada tetangga sekitar, ataupun kerabat dan kenalan. Karena bagaimanapun juga tingkat konsumsi masyarakat akan sangat tinggi pada saat itu.

Jadi, selama beberapa tahun kemarin, saat sudah memasuki bulan puasa atau mendekati Lebaran, maka jarang ada peternak pembesaran lele yang menjual hasil panen ke tengkulak, karena pada saat seperti itu, mereka bisa menjual langsung ke konsumen.

Sebenarnya dengan menjual hasil panen lele langsung ke konsumen, maka sebenarnya kita sebagai peternak pembesaran lele dan konsumen akan sama-sama mendapat keuntungan. Karena konsumen bisa mendapat ikan lele dengan harga yang lebih murah dari pada harga pasaran, sedangkan bagi peternak pembesaran lele, bisa mendapatkan harga jual yang lebih tinggi, dari pada yang ditawarkan oleh tengkulak.

Hanya saja jika kita melihat pada kondisi sekarang ini, memang terlihat tidak menguntungkan jika kita melakukan tebar bibit sekali lagi, mungkin juga ada beberapa dari kita yang menjadi pesimis. Tetapi sekali lagi, bahwa pendapat saya ini berdasarkan atas pengalaman selama beberapa tahun terakhir. Jadi memang demikian siklus dalam proses penjualan ikan lele.

Tinggalkan Balasan