Turunnya Harga Lele di Tengkulak pada April 2017

Sebenarya harga jual panen ikan lele di tempat saya sudah mulai turun semenjak awal Febuari kemarin, alasan dari tengkulak yang biasa mengambil ikan di tempat saya, dia mengatakan bahwa hal ini terjadi karena penjualan beliau ke konsumen dan pengecer juga menurun. Akibatnya untuk bisa menghabiskan lele yang dia miliki, membutuhkan waktu yang lebih panjang dari biasanya.

Setahu saya memang pada periode sekitar bulan Januari – Maret, di sekitar tempat tinggal saya hampir semua pedagang ataupun penjual segala macam produk sangat mengeluhkan jumlah penjualannya yang menurun drastis, bahkan sepertinya penurunan penjualan terjadi pada semua jenis komoditi, hanya saja mungkin untuk setiap komoditi besarannya berbeda-beda. Dan penurunan penjualan ini ternyata juga berimbas pada penjualan ikan lele.

Untuk panen lele pada periode Desember kemarin, harga ikan lele perkilogramnya masih dihargai Rp 15.500. Sebenarnya pada pertengahan bulan Maret kemarin, sudah waktunya untuk panen kembali. Tetapi karena tengkulak yang biasa mengambil lele, tidak kunjung datang, maka sampai sekarang awal April, lele tersebut masih belum diambil juga. Menurut penuturan dari tengkulaknya, bahwa lelenya masih banyak sehingga belum berani mengabil lele lagi.

Sebenarnya kondisi ini juga agak menyulitkan para peternak pembesaran lele, karena kebutuhan akan pakan lele juga ikut meningkat. Sebenarnya jika di daerah saya, untuk ikan lele yang sudah berukuran besar atau berbobot sekitar 150 gram/ekor ke atas, sudah sangat jarang peminatnya. Hal karena menurut konsumen, bahwa lele yang sudah besar memiliki rasa yang kurang nikmat. Karena hal itu, maka jika lele tersebut semakin lama diambilnya, bisa-bisa harganya malah akan turun, meskipun kenyataannya biaya pakan yang kita keluarkan semakin bertambah.

Kemarin saya dengar bahwa harga jual ikan lele sudah turun menjadi Rp 14.000/Kg. Meskipun harga jual lele sudah turun, ternyata penurunan harga tersebut tidak bisa meningkatkan penjualan ikan lele, malah permintaan dari konsumen semakin turun, akibatnya tetap saja lele yang siap panen tersebut tidak kunjung diambil. Dan saya juga tidak tahu kapan lele-lele ini akan diambil.

Tinggalkan Balasan