Ikan Hias yang Tidak Terkena Sinar Matahari menjadi Cepat Mati

Mungkin dalam memelihara ikan hias, kita sudah melakukan perawatan rutin yang sangat maksimal, misalnya dalam pemberian pakan, menjaga kebersihan aquarium, bahkan memberikan vitamin. Meskipun perawatan yang dilakukan sudah sangat maksimal tetapi ternyata hal tersebut tidak membuat ikan yang ada di dalam aquarium dapat bertahan lama, malah ikan terlihat sangat mudah mati.

Sebenarnya ada satu hal sepele, yang telah diabaikan oleh para pembudidaya ikan hias, hal ini adalah peran dari sinar matahari. Saya sering melihat banyak orang yang meletakkan aquarium pada bagian tengah rumah yang tidak pernah terkena sinar matahari, bahkan meskipun berada pada bagian tengah rumah tetapi ternyata pemiliknya tidak memberikan lampu ultraviolet sebagai penghangat. Tidak jarang saya juga melihat beberapa orang yang hanya menggunakan lampu pijar kecil biasa, hanya sekedar untuk penerangan.

Meskipun terlihat sepele, yaitu memasang lampu pada aquarium, tetapi ternyata hal ini dapat memiliki dampak yang cukup signifikan, terhadap kelangsungan hidup ikan hias yang ada di dalam aquarium. Sebenarnya yang menjadi persoalan bukanlah cahaya atau sinar yang menerangi aquarium tersebut, karena cahaya tersebut tidak terlalu penting bagi ikan. Karena yang dibutuhkan ikan adalah panas dari cahaya tersebut. Panas dari luar sangat dibutuhkan ikan hias dapat membertahankan panas inti dalam tubuhnya, dan jika sampai ikan tidak dapat mempertahankan panas inti dalam tubuhnya, maka dapat dipastikan ikan akan mati.

Metabolisme ikan tidak sama dengan metabolisme manusia, yaitu ikan tidak dapat memanaskan dirinya sendiri dari dalam, sehingga ikan memerlukan sinar matahari untuk membantu memanaskan inti tubuhnya. Sehingga jika kita menempatkan aquarium pada lokasi yang tidak terkena sinar matahari sama sekali, maka dapat dipastikan ikan tersebut bisa segera mati. Karena itu, untuk menggantikan peran dari sinar matahari, maka sebagian orang menggunakan lampu unltraviolet.

Sebenarnya jika ingin lebih awet dalam memelihara ikan hias, maka selain dibantu dengan menggunakan sinar ultraviolet, tetapi jika masih memungkinkan, maka aquarium dapat diletakkan saja pada lokasi di dalam rumah yang masih terkena sinar matahari meskipun secara tidak langsung.

Saya juga pernah mendengarkan bahwa sebenarnya ada sejenis mikroba di dalam air yang akan aktif jika terkena sinar matahari, dan mikroba ini ternyata cukup berperan aktif dalam menjaga kesehatan ikan yang ada di dalam aquarium. Jadi memang kita tidak dapat menggantikan secara mutlak peran dari sinar matahari dalam memelihara ikan hias.

Jika sampai anda pernah mengalami kematian ikan dalam jumlah yang banyak pada saat listrik padam, maka dapat dipastikan bahwa ikan anda di dalam aquarium tersebut sudah sangat tergantung sekali dengan lampu ultraviolet di dalam aquarium, atau dapat juga hal ini terjadi karena panas inti dalam tubuh ikan sangat rendah, karena sinar ultraviolet tidak dapat memanaskan tubuh ikan secara maksimal, sehingga saat terjadi gangguan pada sistem pemanasnya maka ikan akan segera mati.

Tinggalkan Balasan