Pemilihan Kolam dan Cara Pembuatannya

Artikel ini adalah jawaban untuk Azusya, yang dituliskan pada kolom komentar pada artikel Jenis dan Daftar Harga Terpal. Jawaban tersebut saya tuliskan pada artikel ini, karena saya rasa jawaban saya terlalu panjang jika dituliskan pada kolom komentar.

Pertanyaannya adalah soal ukuran terpal jika lahannya adalah 6 x 6 m, beserta cara pembuatan kolam tersebut, dan harga dari terpal dan kerangka besinya?

Mungkin jika saya boleh untuk memberi saran, sebaiknya untuk lahan tersebut jangan dibuat menjadi sebuah kolam, karena ukuran 6 x 6 m jika dibuat kolam, maka ukuran tersebut sangat besar, dengan ukuran seperti itu pastinya akan sangat menyulitkan dalam pengontrolan, dan juga akan sangat menyulitkan untuk mengambil tindakan jika sampai terjadi masalah.

Lagi pula, jika ukuran sebesar itu akan sangat menyulitkan dalam proses pergantian airnya. Apalagi jika sampai kondisi kolam jauh dari sumber air (sungai/saluran irigasi), maka proses pergantian air adalah sesuatu yang bisa memakan biaya cukup banyak.

Dan lagi untuk pemula, sebaiknya belajar dengan menggunakan kolam yang berukuran kecil dulu, karena jauh lebih mudah dikontrol dari pada kolam yang besar. Dan jika bisa untuk tahap awal sebaiknya jangan menebarkan bibit dalam jumlah yang banyak terlebih dahulu, karena kemungkinan untuk mengalami kematian akan sangat besar.

Biasanya jika seorang peternak mengalami kematian masal pada tahap awal belajar, maka bisa mematahkan semangat beternaknya, karena itu untuk mengurangi kerugian, maka gunakan saja bibit lele dalam jumlah yang lebih sedikit. Kalau kolam yang digunakan berukuran 2 x 3, maka sebaiknya untuk belajar gunakan saja bibit lele sebanyak 1.000 ekor dulu. Baru jika nanti sudah pintar, maka jumlah ini bisa ditambah sesuai sampai batas maksimalnya.

Untuk di rumah saya, rata-rata peternak lele, membuat kolam dengan ukuran 2 x 3 m dan biasanya dibuat dibual lebih dari satu kolam, dengan ukuran seperti ini, maka jika sampai ada masalah maka jauh lebih cepat diketahui dan diatasi. Lagi pula jika di salah satu kolam ada masalah, maka setidaknya kita masih memiliki kolam cadangan, karena jika sampai kita hanya memiliki satu kolam saja, saat ada masalah maka kita tidak bisa memindahkan lele kita.

Untuk kerangka kolam meskipun ukurannya 2 x 3 m, tetapi saya rasa tekanan airnya sudah cukup besar, sehingga jika hanya menggunakan kerangka dari besi biasa, maka kerangka tersebut bisa cepat rusak, atau jika tidak maka kerangka tersebut bisa bengkok. Jadi, sebaiknya menggunakan besi pipa atau besi hollow (besi persegi)

Selain menggunakan kerangka dari kayu, bambu, dan besi beberapa peternak lele di daerah saya juga menggunakan dinding penahan kolam dari tanah, jadi peternak di daerah saya akan menggali tanah untuk kolam tersebut, dan tanah galian tersebut dikemas dalam karung beras, lalu karung tersebut akan ditata dan dibuat menjadi dinding penahan kolam, sehingga bagian dasar kolam berada di dalam tanah dan bagian atasnya di tahan oleh karung tanah galian kolam. Sisanya saya rasa tetap sama yaitu tinggal membuat saluran masuk untuk air bersih dan saluran keluar untuk air kotor dari dalam kolam.

Sebagai pertimbangan saja, untuk sekarang harga kolam bulat yang sudah ada kerangkanya, yaitu untuk tinggi 1 meter dan diameter 2 meter Rp 720.000/buah (harga ini sudah termasuk terpal kolamnya). Sedangkan untuk kolam yang tingginya 1 meter dengan diameter 3 meter, maka harganya Rp 1.000.000/buah (harga ini sudah termasuk terpal kolamnya).

Kalau untuk harga terpal lembaran, saat ini yang agak lumayan bagus kualitasnya sekitar Rp 18.000/m², kalau mau bikin kolam dengan ukuran 2 x 3 m, maka dibutuhkan terpal setidaknya 4 x 5 m jadi totalnya 20 m², maka total harnganya Rp 360.000 (kalau mau lebih bagus kualitasnya pasti harganya juga lebih mahal, tetapi tingkat keawetannya juga pasti akan lebih awet).

Jadi kalau kolam yang digunakan adalah kolam kolam lingkaran, maka biasanya hanya tinggal menggunakannya saja, atau paling tidak hanya tinggal merangkai kerangka kolamnya saja, karena biasanya sudah jadi. Tetapi jika menggunakan kolam persegi maka bisa dilihat pada artikel saya yang judulnya “cara pembuatan kolam lele dari terpal”.

Tinggalkan Balasan