Pakan untuk Ikan Hias yang Baru saja dibeli

Dulu saya sering berfikir bahwa ikan hias yang baru saja dibeli adalah ikan yang berada dalam kondisi lapar, sehingga setelah sampai di rumah kita langsung saja memberikan ikan tersebut makanan. Tetapi, setelah saya selesai memberikan  makanan, ternyata beberapa saat kemudian saya menemukan ikan hias tersebut dalam kondisi sekarat, atau mungkin kita menemukannya dalam kondisi mati.

Mungkin bisa saya jelaskan dulu sedikit, tetang perlakuan pedagang ikan sebelum kita membeli ikan miliknya. Biasanya ikan hias akan diberi makan pada saat malam hari, itupun jumlahnya sedikit. Hal ini agar besok saat dibeli oleh para konsumen ikan tersebut dalam kondisi perut yang sudah kosong, atau setengah kosong. Tujuannya agar pada saat ikan tersebut dibawa pulang, maka ikan tersebut tidak muntah, karena jika sampai muntah, maka bisa menyebabkan ikan menjadi stress, karena jika sampai ikan tersebut mengalami stress, maka besar kemungkinan ikan tersebut akan segera mati.

Karena itu saat baru saja membeli ikan hias, maka biarkan saja ikan tersebut dalam kondisi lapar. Setidaknya selama sehari penuh, atau kira-kira sampai ikan bisa beradaptasi dengan kondisi lingkungannya yang baru. Hal ini perlu dilakukan agar kondisi ikan lebih stabil terlebih dahulu, dan setelah kondisi ikan menjadi lebih stabil, maka kita bisa mulai untuk memberikan pakan pertamanya.

Jika, kita memberikan pakan berupa pelet, atau pakan instan buatan pabrik, maka sebaiknya jangan memberikan pakan dalam jumlah yang banyak, karena kondisi ikan pada saat itu masih belum stabil, jadi sebaiknya dimulai dengan jumlah yang sedikit terlebih dahulu, dan jumlah pakan ini dapat disesuaikan dengan perkembangan ikan nantinya.

Sebenarnya untuk kondisi ikan yang masih baru saja kita beli, sebaiknya kita memberikan pakan yang memiliki nutrisi dan gizi yang tinggi. Biasanya jenis gizi untuk pakan seperti ini terdapat pada beberapa jenis pakan alami, misalnya saja pada cacing sutra, jentik nyamuk, kutu air, dan beberapa jenis pakan sejenis lainnya.

Yang terjadi jika pemberian pakan pertama, langsung diberikan dalam jumlah yang banyak, maka yang terjadi pada ikan, karena merasa lapar, maka ikan akan langsung makan dalam jumlah banyak, padahal pada saat itu kondisi ikan masih belum stabil, sehingga yang terjadi ikan akan bunuh diri dengan memakan pakan dalam melebihi kemampuannya tersebut, sehingga ikan akan mati kekenyangan. Jadi sebaiknya pemberian pakan dilakukan dengan jumlah sedikit demi sedikit, sampai ikan menjadi stabil.

Tinggalkan Balasan