Air untuk Ikan Hias yang Baru saja dibeli

Biasanya saat kita baru membeli ikan hias, di pasar ikan ataupun di pedagang keliling, sering kali kita menemukannya dalam keadaan mati, saat sudah dimasukkan ke dalam aquarium. Pada saat seperti ini perasaan saya sangat kecewa, karena tidak jarang ikan hias yang saya beli tersebut adalah ikan yang memiliki harga yang mahal, dan memiliki warna dan bentuk tubuh yang indah. Belum lagi jika dipertimbangkan soal jarak yang sudah ditempuh untuk membeli ikan tersebut, maka rasa kecewanya menjadi semakin komplit.

Setelah berkali-kali membeli ikan hias, dan mengalami nasib yang sama, maka saya mulai berfikir untuk melakukan berbagai cara yang berbeda agar ikan tersebut dapat bertahan hidup saat sudah sampai di rumah. Sebenarnya ada banyak faktor yang bisa menyebabkan ikan hias yang baru saja kita beli tersebut bisa sampai mati.

Setahu saya faktor yang paling banyak menyebabkan ikan hias cepat mati adalah karena faktor airnya, biasanya air yang kita gunakan di rumah adalah air yang masih baru, jadi beberapa saat sebelum kita membeli ikan, kita baru mengisi aquarium atau wadahnya, sehingga bisa dikatakan air yang kita gunakan tersebut adalah air yang masih baru.

Terutama sekali, untuk air bersih yang anda gunakan adalah air yang berasal dari PDAM, anda perlu sangat berhati-hati, karena air PDAM, menggunakan semacam obat kimia untuk menjernihkan airnya (biasanya chlorin / atau yang biasa kita kenal dengan sebuatan kaporit). Karena biasanya saat air tersebut masih baru, maka zat kimia dari proses penjernihan air tersebut, masih belum mengendap di dasar aquarium.

Dan jika sampai kita memasukkan ikan hias yang baru saja kita beli, pada air yang masih banyak mengandung zat kimia seperti ini, maka dapat dipastikan ikan kita bisa keracunan, kalaupun tidak sampai mati, biasanya ikan akan mengalami stress, dan setelah itu ikan akan mati. Biasanya cepat atau lambat kematian dari ikan hias tersebut tergantung dari jenis ikannya, ukuran ikan, dan waktu jarak tempuh pengangkutannya.

Dari sekian banyak ikan hias yang sudah saya beli, hanya ikan jenis cupang (hanya yang jantan), yang bisa bertahan dari kondisi air yang masih baru seperti ini, dan ikan ini tidak mati meskipun airnya adalah air yang langsung saya ambil dari kran air, saat itu juga. Meskipun saya coba berkali-kali tetapi hasilnya tetap sama, yaitu ikan masih sangat kuat, dan tidak mati bahkan sampai beberapa bulan setelahnya. Tetapi saya sarankan jangan mencoba-coba dengan ikan jenis yang lainnya, karena resikonya adalah kematian.

Karena itu, sebaiknya saat akan membeli ikan hias yang baru, maka usahakan agar air yang digunakan untuk mengisi aquarium, adalah air yang sudah diendapkan terlebih dahulu, dan usahakan agar tidak menggunakan air yang masih baru, saya pernah menngunakan air yang sudah ditampung di dalam tandon air selama beberapa hari, ternyata efek buruk dari zat kimia di dalam air sudah tidak terlihat lagi, jadi saya pikir cari seperti ini juga cukup aman untuk digunakan.

1 comment

  1. Reply

    Wah..Akhirnya yang dicari ketemu juga..Makasih kak infonya..Kemaren baru beli ikan dan yang setengahnya pada mati..

Tinggalkan Balasan