Pada saat Pergantian Tahun Ajaran Sekolah, Harga Kambing menjadi Murah

Saat saya sedang melakukan survey pada peternak kambing yang ada di sekitar rumah saya, ternyata saya sempat mendapat sebuah cerita yang cukup menarik. Cerita ini ditujukan kepada saya, sebagai bahan pertimbangan jika sampai nantinya saya juga akan membeli kambing atau akan mencoba beternak kambing.

Peternak kambing tersebut bercerita kepada saya, bahwa jika saya ingin membeli anak kambing, maka sebaiknya dilakukan pada saat, menjelang tahun ajaran baru anak sekolah. Menurut penuturan dari peternak kambing tersebut, bahwa harga kambing dan juga anak kambing, bisa menjadi sangat murah sekali pada saat itu.

Sebenarnya yang terjadi pada saat itu bukanlah karena adanya penurunan harga kambing di pasaran. Tetapi karena adanya kebutuhan yang sangat besar dari para peternak tersebut, sehingga mereka terpaksa untuk menjual hewan ternak mereka, dalam hal ini termasuk juga kambing peliharaan mereka, baik yang sudah besar maupun juga yang masih kecil.

Menurut cerita dari peternak kambing yang saya temui tersebut, bahwa pada saat pergantian tahun ajaran baru bagi anak sekolah. Maka, untuk memenuhi kebutuhan sekolah anak mereka, banyak peternak yang menjual ternak mereka, sehingga dengan jumlah orang yang menjual ternak menjadi sangat banyak, dan biasanya pada saat itu jumlah pembeli malah cenderung turun. Karena akumulasi dari hal ini semua, maka jumlah hewan ternak yang ada di pasaran juga ikut melonjak jumlahnya, dan hal ini semua biasanya terjadi dalam waktu yang nyaris bersamaan.

Pada saat itu biasanya kebutuhan untuk membeli seragam baru dan juga alat tulis baru akan sangat mendesak, dan kondisinya harus segera dipenuhi. Pada saat itu biasanya, banyak peternak yang harus mendaftarkan anaknya, pada jenjang sekolah yang lebih tinggi, ataupun daftar ulang jika anak mereka naik kelas, dan itu semua pastinya juga memerlukan biaya yang tidak sedikit.

Sehingga untuk membuat hewan ternak mereka cepat laku, tidak jarang para peternak tersebut membanting harga hewan ternak mereka, hal ini murni karena adanya kebutuhan yang mendesak tersebut. Karena itu, jika biasanya seekor anak kambing yang dihargai Rp 700.000/ekor, bisa dijual dengan harga Rp 300.000 – Rp 400.000/ekor (tergantung dari cara kita menawarnya).

Biasanya setelah dirawat selama beberapa bulan, maka kambing tersebut bisa dijual dengan harga normal sekitar Rp 1.000.000/ekor. Dan jika bisa menunggu sampai Hari Raya Qurban tiba, maka harga kambing tersebut bisa mencapai Rp 3.500.000 – Rp 4.000.000/ekor, biasanya pada saat ini usia kambing sudah cukup dewasa.

Karena itu maka peternak kambing yang saya temui tersebut, mengatakan bahwa sebaiknya saya juga ikut membeli kambing pada masa-masa itu, karena keuntungannya sangat besar. Hanya saja saya mengatakan kepada peternak itu, bahwa saya pikir-pikir dulu, karena memang bukan bidang saya.

Tinggalkan Balasan