Cara untuk Mensiasati Kebutuhan Pakan Hijauan untuk Sapi Peliharaan

Bagaimanapun juga dalam beternak sapi, pakan hijauan adalahsalah satu kebutuhan yang harus dipenuhi dan masih belum bisa digantikan sepenuhnya dengan menggunakan jenis pakan lain, tetapi jika diberi tambahan pakan lain mungkin masih bisa dilakukan, tetapi jika digantikan secara total saat ini masih belum bisa dilakukan.

Karena itu setiap saya bertanya kepada pemilik sapi, yang saya survei selama ini, mereka selalu mengatakan bahwa kebutuhan mereka hanyalah rumput, dan masalah yang selalu mereka pikirkan setiap hari adalah bagaimana cara mencari rumput.

Tetapi dalam beberapa kunjungan saya terakhir, ternyata hampir semua peternak yang sudah saya survei tersebut sekarang mereka menggunakan alat pencacah rumput, untuk memotong-motong rumput segar yang telah mereka bawa, sebelum diberikan kepada sapi peliharaan mereka.

Pada survei terakhir yang saya lakukan saya sempat bertanya kepada para peternak itu mengapa rumput segar tersebut harus dicacah terlebih dahulu sebelum diberikan kepada sapi, padahal saya rasa akan sama saja hasilnya jika diberikan langsung dalam bentuk utuh atupun jika harus dicacah terlebih dahulu, karena saya pikir bahwa jumlahnya sama saja.

Ternyata menurut peternak sapinya, hal tersebut sangat berbeda sekali, yaitu sapi yang diberi makan dengan rumput yang telah dicacah akan makan dalam jumlah yang lebih sedikit, sebelum sapi tersebut kenyang. Tetapi, jika di beri rumput segar yang belum dicacah, maka biasanya sapi akan menghabiskan rumput sampai setengah kali lebih banyak dari jumlah rumput yang dicacah.

Jadi dengan dicacah maka para peternak ini akan dapat menghemat rumput dalam jumlah yang banyak, yang pasti dengan hal itu maka banyak pengeluaran yang dapat dihemat. Dan saat saya mulai survei ini ternyata metode untuk mencacah rumput segar sebelum diberikan kepada sapi, sudah dilakukan oleh semua peternak yang saya survei, baik itu peternak sapi perah maupun juga sapi pedaging.

Lagi pula jika sampai musim kemarau panjang, maka rumput segar akan sangat sulit dicari, dan jika ingin membeli, maka harganya pasti akan naik, bahkan cenderung mahal. Jadi, jika dimulai sejak awal maka biaya untuk kebutuhan pakan hijauan, pada saat itu bisa cukup banyak dihemat.

Tinggalkan Balasan