Jenis Makanan yang Sebaiknya Jangan Dijadikan Pakan Kambing

Saya sempat berfikir bahwa kambing adalah hewan yang dapat diberikan segala jenis rumput dan daun-daunan yang umum sebagai makanannya. Tetapi saat saya bertemu dengan salah seorang peternak kambing, anggapan saya ini berubah, karena ternyata ada beberapa jenis daun-daunan yang sebaiknya jangan diberikan kepada kambing.

Dan jika tetap diberikan maka bisa membuat kambing menjadi kembung, dan biasanya jika kambing sudah kembung maka akan sangat sulit untuk diobati, dan tidak jarang kambing yang sudah mengalami kembung tersebut akan segera mati. Karena itu menurut peternak kambing yang saya temui tersebut bahwa dia harus berhati-hati dalam mencari dan memberikan pakan.

Jenis dedaunan yang dapat membuat kambing mengalami sakit kembung, misalnya yaitu jenis daun singkong, daun kacang panjang, daun lamtoro dan beberapa jenis lainnya. Untuk peternak kambing yang saya temui ini, beliau mengatakan bahwa masih ada beberapa jenis kambing yang dapat memakan daun lamtoro, tetapi jumlahnya sangat sedikit, dan itupun adalah jenis kambing yang sudah dibiasakan untuk makan daun lamtoro semenjak kecil.

Tetapi bagi peternak kambing yang saya temui ini, beliau mengatakan bahwa, dia tidak pernah memberikan daun lamtoro kepada kambing miliknya Hal ini karena kambing miliknya sejak kecil, tidak pernah dibiasakan untuk makan daun lamtoro. Dia takut, jika sampai diberi daun lamtoro maka kambingnya bisa mengalami kembung. Jadi, dari pada mengambil resiko, maka lebih baik dia tidak melakukannya sama sekali.

Selain dedaunan yang telah saya sebutkan di atas, ternyata masih ada satu jenis daun lagi yang sebaiknya jangan diberikan kepada kambing, daun ini adalah daun kacang tanah (jika di daerah rumah saya biasa disebut sebagai kacang brol). Jika sampai kambing diberi makan daun kacang tanah, maka kambing bisa mengalami diare dan juga mencret yang parah, dan jika sudah sangat parah maka bukan tidak mungkin kambing akan segera mati.

Meskipun, ada beberapa daun yang sebaiknya tidak diberikan kepada kambing, tetapi sebenarnya masih banyak daun yang dapat dijadikan pakan, misalnya hampir semua jenis rumput-rumputan, selain itu daun pisang yang masih muda/pupusnya juga dapat dijadikan sebagai pakan kambing.

Tinggalkan Balasan