Obat untuk Kambing yang Mulai Kehilangan Nafsu Makan

Tidak secara terus menerus kambing memiliki selera makan yang selalu tinggi, ada kalanya kambing juga kehilangan nafsu makannya. Ada banyak penyebabnya sehingga kambing mengalami kehilangan nafsu makan, bisanya nafsu maka kambing ini hilang karena, jenis rumput dan dedaunan yang tidak disukai kambing atau kambing bosan dengan jenis rumput dan dedaunan tersebut, atau mungkin juga karena kambing sedang tidak enak badan, sehingga selera makannya juga ikut terganggu.

Tetapi jika sampai kambing kehilangan selera makannya, maka hal ini juga tidak akan baik untuk kesehatan kambing itu sendiri. Karena itu harus dicari solusi, agar kambing mau makan kembali dengan lahap.

Menurut peternak kambing yang baru-baru ini saya temui, beliau mengatakan bahwa ada satu jenis tanaman yang jika kita menyentuhnya atau tidak sengaja menyentuhnya, maka tanaman ini bisa membuat bagian tubuh kita yang menyentuhnya menjadi gatal, bahkan rasa gatal ini bisa bertahan sampai setengah hari kedepan, meskipun sudah diberi obat anti gatal. Tanaman ini di daerah kami disebut dengan lateng, untuk bahasa Indonesianya saya tidak tahu nama tanaman ini, tetapi untuk nama ilmiahnya adalah Urtica Grandidentata Miq. Non Moris.

Tanaman lateng ini memiliki duri halus diseluruh bagiannya, hanya bagian akarnya saja yang tidak memiliki bulu yang berntuk duri halus ini, jadi hanya bagian akarnya saja yang aman jika dipegang. Tetapi, batang, daun, dan bunganya memiliki duri halus ini, dan sepertinya duri ini, setiap bagiannya memiliki sejenis racun, yang cukup ampuh, sehingga siapapun yang menyentuhnya akan mengalami gatal-gatal yang sangat.

Sebenarnya yang mengalami gatal, akibat menyentuh duri halus dari tanaman lateng, bukan hanya manusia saja. Tetapi kambing juga akan mengalami gatal jika menyentuh batang atau daun tanaman ini. Dan rasa gatal yang ditimbulkan oleh tanaman inilah yang digunakan oleh peternak kambing yang saya temui tersebut untuk mengobati kambing yang mulai kehilangan nafsu makannya.

Cara yang dia lakukan adalah dengan memukulkan tanaman lateng yang masih baru saja dipetik, pada bagian mulut dan juga bibir kambing. Akibatnya, mulut kambing akan segera mengalami gatal-gatal, dan karena tidak bisa menggaruknya, maka kambing akan makan terus-menerus sampai rasa gatal tersebut hilang dari mulutnya.

Biasanya setelah mulut kambing dipukul dengan lateng ini, maka kambing akan segera mendapatkan nafsu makannya kembali, jadi hanya perlu dilakukan sekali-sekali saja, dan tidak dianjurkan untuk melakukannya terus-menerus, karena kasihan juga kambingnya, jika sampai harus mengalami gatal dimulutnya yang berkepanjangan, tapi tidak bisa menggaruknya.

Cara ini mungkin terlihat kejam bagi orang yang tidak pernah melihatnya, tetapi menurut peternak kambingnya, cara ini dirasa sangat ampuh untuk mengembalikan nafsu makan kambing miliknya.

Tinggalkan Balasan