Pengalaman Mendapatkan Kutu Air sebagai Pakan Ikan

Beberapa waktu yang lalu, saya diperkenalkan oleh kakak saya pada hewan yang disebut kutu air. Hewan ini cukup kecil ukuran badannya, dan dapat diternakkan dan diperbanyak dengan cara yang cukup mudah. Lalu kemarin saat saya datang ke tempat pertemuan kelompok tani yang ada di daerah saya, ternyata ada juga peternak lain yang bercerita tentang kutu air ini.

Peternak tersebut bercerita tentang tetangganya yang sampai memiliki banyak sekali kutu air, beliau mengatakan bahwa tetangganya tersebut menggunakan air dari sungai dan saluran irigasi, untuk digunakan mengairi kolam ikan miliknya.

Jadi intinya bahwa air sungai dan saluran irigasi, ternyata memiliki kandungan kutu air yang cukup berlimpah, tetapi karena jumlah airnya yang cukup banyak, maka terkadang kita kesulitan untuk menemukannya, tetapi saat kutu air tersebut di tampung pada kolam, maka kutu air tersebut dapat berkembang biak dengan sangat baik dan juga dapat menjadi sangat banyak.

Pada mulanya si pemilik kolam tidak tahu, hewan apa yang ada di kolamnya tersebut, tetapi jumlahnya sangat banyak, dan akhirnya membuat dia khawatir, karena kekhawatirannya tersebut maka pemilik kolam tersebut membawa sampel air kolamnya untuk dilihat peternak teman saya dari kelompok tani.

Setelah itu peternak teman saya, menjelaskan bahwa hewan itu adalah kutu air dan dapat dijadikan sebagai pakan ikan hias ataupun ikan konsumsi, dan bahkan kutu air ini dapat dijual juga. Tetapi karena pemilik kolam sudah merasa resah dengan kondisi kutu air yang sangat banyak di kolam miliknya, maka dia meminta agar peternak teman saya ini mau datang ke lokasi kolamnya untuk mengambil kutu air tersebut.

Akhirnya teman saya ini tidak menyia-yiakan pakan gratis yang ditawarkan tersebut, jadi pada hari itu dia barusaha untuk mengambil sebanyak mungkin kutu air yang ada di dalam kolam tersebut. Tetapi setelah beberapa waktu ternyata kutu air dalam kolam itu meledak lagi jumlahnya, sehingga sekarang setiap beberapa hari sekali teman saya ini datang untuk memanen kutu air tersebut.

Hanya saja kutu air yang dia dapatkan itu tidak untuk dijual, melaikan untuk digunakan sendiri, untuk memberi makan ikan hias miliknya. Jadi teman saya ini dapat menghemat pakan dalam jumlah yang banyak.

Tinggalkan Balasan