Panen Cacing Sutra

Setelah tiga minggu ini saya mencoba untuk menternakkan cacing sutra, ternyata jumlah dari cacing sutra tersebut saat ini sudah menjadi cukup banyak. Tetapi bagi saya pribadi, yang mendengar dari tayangan youtube ataupun telah membaca beberapa artikel sejenis, yang mengatakan bahwa hasil panen cacing sutra mereka dapat mereka lakukan setiap dua minggu sekali. Maka apa yang telah saya lakukan saat ini, masih jauh dari hasil capaian yang telah dipaparkan oleh mereka.

Hanya saja jika melihat progress selama ini, yang terus naik, maka saya merasa bahwa apa yang saya lakukan telah mengalami banyak kemajuan, dan saya merasa bahwa sekarang saya sudah berada di jalur yang benar. Hanya saja pastinya memang masih ada beberapa hal yang harus mendapat perhatian dan beberapa lainya memerlukan perbaikan.

Untuk jumlah cacing sutra yang saat ini saya miliki, jumlahnya kira-kira sudah meningkat sekitar tiga sampai empat kali lipat daripada saat pertama kali membelinya. Meskipun demikian, jumlahnya mungkin hanya sekitar setengah cangkir, dan itu masih sangat sedikit.

Hanya saja karena jumlah cacing sutra sebagai starternya sangat sedikit, maka hasil yang saya peroleh saat ini sudah cukup banyak menurut saya, tetapi jika hanya digunakan untuk memberi makan ikan hias di rumah saja, saya rasa masih cukup.

Untuk hasil panen sutra saat ini masih terlalu kecil jumlahnya, dan tidak bisa dijual. Jadi hanya saya gunakan untuk memberi makan ikan hias saja, dan sebagian lainnya akan tetap saya gunakan untuk melanjutkan budidaya cacing sutra ini. Tetapi saya berfikir, bahwa ke depannya budidaya cacing sutra ini, masih dapat ditingkatkan lagi pada jumlah yang lebih besar lagi.

Lagi pula, selain hasil dari panen cacing sutra ini, saya juga berhasil mendapatkan beberapa data yang bisa saya bagikan kepada teman-teman sekalian. Intinya bahwa apa yang telah saya lakukan ini ternyata berhasil, jika pada artikel yang terdahulu, kata-kata saya terdengar pesimis, karena saya tidak tahu usaha saya kali akan berhasil ataukah akan gagal seperti masa lalu. Maka saat ini saya sudah mulai dapat mengatakan, bahwa apa yang saya lakukan sekarang bisa berhasil.

Lagi pula jika menurut saya pribadi, saya merasa sangat puas dengan capaian yang telah saya alami saat ini. Maklum saja, bahwa ini adalah keberhasilan saya setelah selama ini melakukan banyak uji coba, dan banyak mengalami kegagalan.

Tinggalkan Balasan