Menggunakan Micro Worm untuk Pakan Cacing Sutra

Pada beberapa artikel sebelumnya saya telah menjelaskan, tentang jenis pakan yang baik untuk dijadikan pakan cacing sutra, dan pada artikel selanjutnya saya juga telah menjelaskan beberapa jenis contoh bahan, yang dapat dijadikan sebagai pakan cacing sutra.

Pada artikel ini saya ingin menjelaskan bahwa, selain bahan yang telah saya sebutkan dahulu, ternyata sekarang saya sedang mencoba untuk menggunakan bahan lain untuk dijadikan sebagai pakan cacing sutra. Bahan yang saya gunakan untuk pakan sekarang ini adalah microworm.

Alasan saya menggunakan microworm, karena jumlah microworm milik saya sudah cukup banyak dan tidak pernah saya gunakan. Karena tidak pernah digunakan dan jumlahnya akan terus meningkat, maka lebih baik saya gunakan sebagai pakan cacing sutra.

Sebelumnya saya pernah menggunakan microworm untuk dijadikan pakan ikan hias milik saya, tetapi ternyata ikan yang saya pelihara tersebut, tidak terlalu antusias untuk memakan microworm tersebut. Hal ini karena ikan yang saya pelihara adalah ikan yang berukuran agak besar, karena hal itu maka sekarang ikan tersebut tidak pernah saya beri pakan microworm lagi.

Saya berfikir bahwa bentuk dari tubuh microworm yang sangat kecil, mungkin saja bisa langsung dihisap oleh cacing sutra, sehingga bisa menjadi pakan alternatif yang memiliki nilai gizi tinggi. Tetapi itu hanya anggapan belaka, karena pada kenyataannya sangat sulit sekali untuk melihat dan mengamati, apakah microworm tersebut benar-benar dimakan oleh cacing sutra atau tidak. Tetapi setahu saya, bahwa sisa dari tepung terigu yang telah menjadi cairan kental yang terdapat dalam media microworm cukup disukai oleh cacing sutra, bahkan bisa habis dalam waktu yang cukup singkat.

Hanya saja karena proses ini bersifat uji coba, maka saya tidak terlalu risau apakah hal ini berhasil atau tidak, tetapi jika sampai percobaan ini berhasil, maka saya bisa mendapatkan pakan yang memiliki nilai gizi tinggi dengan cara yang mudah. Apalagi microworm dapat diperbanyak dengan mudah, dan dalam waktu yang relatif singkat, sehingga jika nanti memungkinkan untuk menggunakan microworm sebagai pakan cacing sutra, maka saya tidak terlalu risau dengan ketersediannya.

Tinggalkan Balasan