Gumpalan pada Dinding Media Budidaya Cacing Sutra

Biasanya setelah beberapa hari kita memelihara cacing sutra, maka pada dinding media budidaya tersebut, akan mulai muncul semacam gumpalan-gumpalan. Dan gumpalan tersebut seperti menempel erat pada dinding media budidaya, bahkan untuk tingkat lanjut sepertinya gumpalan yang terdapat pada dinding media budidaya cacing sutra ini, misa menjadi cukup besar, dan memenuhi seluruh nampan media budidaya cacing sutra.

Untuk gumpalan yang menempel pada dinding media cacing sutra, biasanya akan digunakan untuk berenang dekat dengan permukaan air, hal ini dilakukan terutama jika aliran air yang mengairi media budidaya sedang tidak stabil debitnya, sehingga untuk mengambil oksigen dari udara bebas, mereka akan memanjat dinding media ini, dengan menggunakan bantuan dari gumpalan tersebut.

Satu hal lagi yang sepertinya masih belum bisa dikonfirmasi kebenarannya, dan masih memerlukan pengamatan pada tingkat lanjut, yaitu pada bagian gumpalan yang menempel di dinding media tersebut, apakah juga digunakan oleh cacing sutra untuk meletakkan telurnya (kokon). Karena pada beberapa kesempatan, saya sempat menyaksikan bahwa, dari dalam gumpalan tersebut muncul beberapa cacing kecil, dan sepertinya baru saja menetas.

Hanya saja saya di sini, masih belum bisa membedakan apakah, cacing kecil yang baru menetas tersebut berasal dari koloni cacing yang besar, lalu setelah lahir mereka keluar dari koloni dan diam pada gumpalan yang menempel di dinding tersebut, ataukah cacing tersebut benar-benar menetas pada gumpalan tersebut.

Untuk hasil pengamatan ini, jika saya menemukan fakta baru, saya akan mencoba untuk menyampaikannya pada artikel selanjutnya. Karena memerlukan pengamatan beberapa waktu lagi

Sebenarnya gumpalan yang menempel pada dinding media budidaya cacing sutra ini, tidak sepenuhnya selalu menempel di sana, karena sepengamatan saya, beberapa gumpalan tersebut yang telah menjadi besar, kemudian akan lepas dari dinding, dan akan berada di dasar media, dan biasanya saat gumpalan tersebut telah lepas dari dinding, pada saat itu juga sudah ada beberapa cacing muda di dalam gumpalan tersebut, dan sepertinya sudah siap untuk membuat koloni baru.

Biasanya jika sudah terbentuk koloni baru seperti ini, maka koloni yang baru tidak mau bergabung dengan koloni yang sudah lama dan yang lebih besar, mereka memilih untuk tetap menjadi sebuah koloni meskipun jumlahnya sangat kecil.

Tinggalkan Balasan