Jenis Pakan yang Sebaiknya Jangan diberikan pada Cacing Sutra

Pada artikel yang terdahulu, saya telah menjelaskan tentang pakan yang baik untuk diberikan pada cacing sutra, dan beberapa artikel setelahnya saya telah menjelakan cotoh produk yang bisa dijadikan sebagai pakan cacing sutra. Tetapi pada artikel kali ini, saya ingin lebih menitik beratkan pada jenis pakan yang sebaiknya jangan diberikan kepada cacing sutra.

Jika di alam bebas, jenis pakan yang tidak baik bagi cacing sutra, bisa dihindari dengan tidak mengkonsumsinya. Dengan jumlah air yang melimpah, maka jika sampai ada pakan yang tidak baik bagi cacing sutra, maka dapat dinetralisir dengan mudah.

Tetapi jika sampai jenis pakan ini kita berikan pada cacing sutra budidaya yang ada di rumah, maka bisa-bisa cacing kita akan mati semua. Karena jumlah air yang mengairi media kita sangat terbatas, dan berbeda dengan di alam, yang jumlah airnya sangat melimpah dan selalu tersedia setiap saat, jadi jika ada pakan yang tidak sesuai dengan selera cacing sutra, maka pakan tersebut akan dibiarkan hanyut saja.

Contoh pakan jenis pakan yang tidak baik untuk diberikan pada cacing sutra adalah pakan yang memiliki rasa yang menyengat, seperti misalnya memiliki rasa pedas, rasa asam, rasa kecut, ataupun rasa yang terlalu pahit. Selain itu jenis makanan yang memiliki bau yang menyengat juga sebaiknya jangan diberikan kepada cacing sutra.

Jadi, jangan sekali-kali mencoba untuk memberikan sisa sambal, untuk dijadikan pakan cacing sutra karena bisa-bisa cacing sutra yang kita pelihara akan mati semua. Demikian juga seperti sisa acar yang terlalu banyak cuka, sebaiknya juga tidak dicoba untuk dijadikan pakan cacing sutra. Selain itu sebisa mungkin, jangan sampai media cacing sutra kemasukan bahan yang memiliki bau yang menyengat seperti minyak wangi, atau bahan sejenis dengan itu.

Tetapi jika bahan seperti sambal dan acar tersebut secara tidak sengaja masuk ke dalam media budidaya, maka sebaiknya kita harus segera untuk mengambil tindakan pencegahan, dengan cara sesegera mungkin untuk mengambil bahan tersebut jika masih mungkin, tetapi jika sampai bahan tersebut telah menyatu dengan air di media budidaya, maka sebaikya, segera ganti air yang mengairi media dengan menggunakan air bersih, dan usahakan agar bahan tersebut sudah hilang terlebih dahulu. Jadi usahakan agar tidak berlambat-lambat dalam masalah ini, karena resikonya cukup tinggi.

Selain bahan yang telah saya sebutkan di atas, masih ada juga bahan lain seperti berbagai jenis Bahan Bakar Minyak (BBM), obat anti serangga, berbagai jenis pestisida, berbagai jenis sabun (sabun mandi, sabun cuci, dll). Karena bahan seperti ini juga dapat membunuh cacing sutra yang kita budidayakan dengan sangat cepat. Jadi, jika sampai bahan kimia ini masuk ke dalam media budidaya, maka sebaiknya segera lakukan berbagai langkah pencegahannya.

Tinggalkan Balasan