Awal Beternak Cacing Sutra

Saya baru saja memulai untuk beternak cacing sutra, karena saya masih sangat penasaran bagaimana cara budidaya cacing sutra yang dapat menghasilkan cacing dalam waktu singkat dan dengan jumlah yang banyak. Karena semenjak SMP, saya sudah mengenal cacing sutra, dan sudah mulai untuk mengembangkannya, tetapi sampai sekarang masih belum berhasil.

Sudah ada beberapa metode dan cara yang sudah saya ketahui, tetapi masih saja perlu beberapa penyempurnaan lagi agar budidaya cacing sutra yang saya lakukan ini bisa lebih sukses dan berhasil.

Memang dalam membudidayakan cacing sutra ini saya tidak melakukannya secara terus-menerus. Karena setelah membudidayakan cacing sutra selama beberapa waktu, maka saya akan menghentikannya, hal ini saya lakukan untuk menganalisa, kesalahan dan hambatan apa yang saya temui, agar pada uji coba berikutnya saya bisa lebih berhasil lagi.

Saya juga berfikir bahwa karena begitu banyak tulisan tentang cacing sutra di mesin pencari internet, tetapi sepertinya hampir semua tulisan yang membahas tentang cacing sutra adalah hasil copy-paste, sehingga saya merasa bahwa itu adalah hasil dari pemikiran satu orang saja, dan yang lain hanya mengkopinya saja.

Pada artikel tentang cacing sutra setelah ini akan saya isi, tentang pengalaman dan juga pengamatan tentang beternak cacing sutra. Jadi teman-teman yang ingin mencoba beternak cacing sutra dapat mengambil pelajaran dari apapun yang saya peroleh. Baik itu keberhasilannya, maupun kegagalannya.

Meskipun saya yakin bahwa pengalaman saya tersebut, akan banyak berisi tentang kegagalan-kegagalan selama beternak cacing sutra. Kalaupun ada sebagian pengalaman, yang berisi keberhasilan, itu mungkin jumlahnya tidak akan banyak, karena yang namanya proses pasti akan banyak sekali permasalahan dan hambatannya. Sehingga teman-teman yang ingin beternak cacing sutra dapat menarik pelajaran dari permasalahan yang saya hadapi dalam proses budidaya kali ini.

Mungkin di kemudian hari malah beberapa pembaca laporan saya ini, bisa lebih berhasil daripada saya sendiri, bahkan bisa sukses dari hasil beternak cacing sutra. Tetapi saya mohon jika memang para pembaca ada yang lebih jago dan juga lebih berhasil dalam beternak cacing sutra, saya mohon untuk bersedia membagi ilmunya untuk saya dan pembaca yang lain.

Tinggalkan Balasan