Harga Pupuk Kandang

Saat ini pupuk kandang yang adalah hasil sampingan dari  kotoran hewan, adalah komoditi yang memiliki nilai jual cukup tinggi. Kecuali jika kita memiliki hewan ternak tersebut, maka kotoran yang dihasilkan adalah milik kita sepenuhnya, tetapi jika tidak memiliki hewan ternak maka kita harus membeli dari pihak lain. Berikut adalah beberapa harga pupuk kandang yang saya dapatkan dari beberapa tempat di sekitar rumah saya.

Saya memiliki seorang teman yang mempunyai peternakan ayam petelur, untuk harga kotoran dari ayam petelur tersebut dijual dengan harga Rp 9.000/karung, dengan catatan kotoran tersebut diambil sendiri ke kandang dan dikemas sendiri oleh pembelinya. Untuk kondisi kotoran ayam ini, masih dalam kondisi baru saja dikeluarkan oleh ayamnya.

Tetapi teman itu mengatakan bahwa, jika saya mau datang sendiri ke kandang yang mengumpulkan sendiri kotoran ayam tersebut, maka teman saya mengatakan bahwa saya bisa mendapatkan kotoran itu secara gratis.

Selain itu ada juga pabrik pengolahan kotoran kambing, dan produknya sudah siap pakai. Untuk harga kotoran kambing yang sudah digiling halus di pabrik pengolahan ini Rp 10.000/karung. Saya juga memiliki tetangga yang mempunyai kandang kambing di rumahnya, harga kotoran kambing yang masih segar tersebut juga dihargai Rp 10.000/karung.

Tetapi jika pupuk kandang yang sudah siap pakai, yang dijual di pasar bunga Kota Malang, maka harganya bisa mencapai Rp 10.000/bungkus 1 Kg. Untuk pupuk ini biasanya sudah diberi batang pakis, dan juga kulit padi. Tetapi untuk pupuk kandang yang utuh tanpa di beri tambahan harganya Rp 15.000 – Rp 20.000/bungkus 1 Kg.

Tetapi kemarin ada seorang peternak bebek datang ke rumah saya untuk meminta batang pisang milik saya, sebagai pakan tambahan untuk bebek miliknya. Mungkin dia ingin memberikan timbal balik, atau sebagai ucapan terima kasih kepada saya karena telah memberikan batang pisang kepadanya.

Peternak tersebut bersedia untuk memberikan kotoran bebek dan kambing miliknya, asal saya mau mengambil sendiri ke kandang miliknya. Beliau mengatakan bahwa saya dapat mengambil pupuk tersebut sebanyak yang saya butuhkan, dengan catatan yang sama, yaitu asal saya mau mengambilnya sendiri.

Jika saya dulu saat masih kuliah, menjual pupuk kandang dari sapi perah maka harga yang ditawarkan untuk pupuk cairnya yaitu Rp 20.000/kemasan 1 liter. Sedangkan untuk pupuk kandang yang sudah dikeringkan yaitu Rp 20.000/kemasan 1 Kg.

Harga Pupuk Kandang

No

Jenis Pupuk Kandang

Kondisi

Harga

1

Kotoran ayam petelurdalam kondisi basahRp 9.000/ karung

2

Kotoran Kambing dari pabriksudah digiling/siap pakaiRp 10.000/ karung

3

Pupuk kandang

di Pasar Bunga Malang

sudah siap pakai (dengan campuran sekam + batang pakis)Rp 10.000/ 1 Kg

4

Pupuk kandang

di Pasar Bunga Malang

Sudah siap pakai (murni/ tidak ada campuran)Rp 15.000 – Rp 20.000/bungkus 1 Kg

5

Kotoran sapi perahKondisi cair siap pakaiRp 20.000/ kemasan 1 liter

6

Kotoran sapi perahKondisi sudah dikeringkan dan siap pakai20.000/ kemasan 1 Kg

 

Tinggalkan Balasan