Keengganan Saya untuk Beternak Bebek

Beberapa hari yang lalu ada seorang peternak bebek yang datang ke rumah untuk meminta batang pisang milik saya, untuk dijadikan sebagai pakan tambahan bagi bebek-bebek miliknya. Karena saya hanya membutuhkan buah pisangnya saja, maka batang pisangnya hanya saya anggap sebagai sampah, untuk dijadikan sebagai pupuk kompos.

Tetapi sebenarnya jika dilihat dari kacamata peternak bebek, maka batang pisang bukanlah bahan untuk pupuk kompos biasa, karena bagi peternak bebek, batang pisang merupakan pakan tambahan yang cukup banyak memberikan pakan dan dapat mengurangi kebutuhan pakan, bagi bebek yang dia pelihara.

Peternak bebek tersebut mengatakan bahwa mengapa saya tidak beternak bebek saja di lahan disebelah rumah tersebut, karena menurut peternak bebek itu, bahwa lahan di samping rumah saya masih dapat menampung bebek sebanyak 200 ekor, bahkan jika saya mau masih dapat menampung sampai 400 ekor. Pada saat itu saya memang tidak menjawab secara langsung, bahwa saya tidak menyukai bebek.

Sebenarnya jika dilihat dari sisi ekonominya maka beternak bebek cukup menguntungkan, tetapi saya memiliki beberapa pertimbangan untuk tidak beternak bebek di rumah saya.

Pertama, jika beternak bebek maka bau yang akan ditimbulkan oleh bebek akan sangat menyengat sekali, sehingga jika posisi kandang bebek berdekatan dengan rumah tetangga, maka akan sangat mengganggu kenyamanan tetangga sekitar. Dan jika dibiarkan saja, maka kita bisa diprotes karena bau yang tidak sedap tersebut. Bahkan jika jumlah bebek yang dipelihara semakin banyak, maka bau yang ditimbulkannya juga akan semakin tidak sedap.

Hal kedua yang menjadi pertimbangan saya yaitu, karena di kebun samping rumah saya, sangat banyak pohon pisangnya, dan jika sampai saya memelihara bebek, maka bukan tidak mungkin, maka semua pohon pisang tersebut akan habis dimakan oleh bebek-bebek tersebut, karena dalam beternak bebek juga harus diberi pakan hijauan. Dan jika demikian, maka akhirnya kami harus membeli pisang jika ingin makan pisang.

Lagi pula jika bebek dalam jumlah banyak, maka suara yang dibuat mereka akan sangat gaduh sekali, bahkan sudah dalam taraf yang mengganggu, karena itu jika posisi kandang terlalu dekat dengan posisi rumah tetangga, maka bisa jadi suara gaduh dari bebek-bebek tersebut dapat mengganggu tetangga sekitar. Yang akhirnya juga dapat mengundang protes dari tetangga sekitar.

Tinggalkan Balasan