Cara Cepat Membersihkan Kotoran Burung di Kurungan

Hewan peliharaan adalah salah satu obat yang cukup mujarab, bagi sebagian orang untuk mengusir stress dan penat setelah berkutat dengan tekanan pekerjaan. Tetapi jika kita memelihara burung kicau, maka terkadang kita direpotkan oleh masalah membersihkan kandang dari kotoran burung.

Karena jika tidak dibersihkan, maka kotoran burung bisa menimbulkan bau yang tidak sedap, dan bukan tidak mungkin karena kotorannya tidak segera dibersihkan maka kesehatan burung peliharaan kita juga bisa ikut terkena imbasnya. Sebenarnya yang kesehatannya bisa tertanggu, bukan cuma burung peliharaan kita saja, tetapi juga kesehatan pemilik burung dan keluarganya.

Tetapi karena kesibukan kita yang padat, maka proses membersihkan kandang, terkadang bisa menjadi hal yang merepotkan, apalagi jika sampai kandang yang harus kita bersihkan tersebut jumlahnya sangat banyak, maka bisa jadi hal melelahkan juga.

Kakak saya juga adalah seorang pekerja kantor yang cukup sibuk, sehingga waktu untuk merawat burung peliharaanya juga sangat terbatas, karena itu waktu tersebut harus dimaksimalkan, apalagi ditambah dengan jumlah burung berkicau yang dia pelihara juga sangat banyak jumlahnya.

Salah satu cara untuk mempersingkat waktu untuk merawat burung peliharaanya, kakak saya menggunakan kertas koran bekas untuk melapisi tempat kotoran burung. Idenya yaitu agar kotoran burung yang jatuh tidak langsung mengenai tempat kotoran burung, tetapi akan jatuh ke atas kertas koran bekas.

Sehingga saat akan membersihkan tempat kotoran burung, kakak saya tinggal membuang kertas koran tersebut di tempat sampah, lalu tinggal menggantinya dengan kertas koran yang baru, sehingga untuk membersihkan kotoran burung dari banyak kandang, kakak saya tidak memerlukan waktu yang terlalu lama.

Dengan cara ini juga, tidak banyak sisa kotoran burung yang tertinggal di dalam kandang, karena semuanya akan langsung dibuang bersama dengan kertas koran yang lama.

Lagipula saya sendiri pernah berkunjung ke rumah salah seorang peternak burung berkicau di dekat rumah, meskipun kotoran burung yang ada di dalam kandang sudah teratur dibersihkan tetap saja bau tidak sedap masih sering keluar dari sisa kotoran burung di dalam kandang tersebut. Tetapi jika menggunakan cara mengelola kotoran burung seperti yang dilakukan oleh kakak saya, maka bau tidak sedap yang mungkin keluar dari kandang burung tersebut hampir tidak terlalu tercium.

Tinggalkan Balasan